Industri alkes Indonesia-Turki teken kerja sama 10,5 juta dolar AS

id Kemenperin, alkes, industri,ri turki

Industri alkes Indonesia-Turki teken kerja sama 10,5 juta dolar AS

Penandatanganan MoU antara PT Haloni Jane Tbk dengan ERK Medikal Saglik Hizmetleri. ANTARA/HO-Kemenperin

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyampaikan industri alat kesehatan (alkes) dalam negeri telah berhasil menjalin kerja sama bersama Turki dengan nilai bisnis mencapai 10,5 juta dolar Amerika Serikat (AS).
 
Kerja sama yang terjalin itu dikukuhkan dalam nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani dalam forum bisnis yang bertajuk Enhancing the Collaboration of Indonesia -Turkey Medical Device industry pada perhelatan Expomed Eurasia 2024, di Istanbul, Turki yang diselenggarakan 25-27 April.
 
"Pada forum bisnis tersebut, telah dilaksanakan penandatanganan dua MoU. Pertama, PT Haloni Jane Tbk dan ERK Medikal Saglik Hizmetleri, yang bekerjasama dalam distributor agreement untuk produk Latex Gloves supply dengan potensi transaksi mencapai 9 juta dolar AS," kata Direktur Industri Permesinan dan Alat Mesin Pertanian Kemenperin Yan Sibarang Tandiele, di Jakarta, Rabu.
 
Lebih lanjut, ia mengatakan MoU kedua, dilakukan antara PT Atra Widiya Agung dengan Uzman Sterilization System. Kedua perusahaan ini akan berkolaborasi dalam distribusi penjualan sistem kontainer dan pabrikasi di Indonesia pada tahun 2024-2027 dengan nilai kerja sama mencapai 1,5 juta dolar AS.
 
Menurut dia, saat ini industri alat kesehatan dalam negeri telah didukung oleh 209 perusahaan yang tergabung dalam Asosiasi Produsen Alat Kesehatan Indonesia (Aspaki), sehingga mampu memproduksi alat kesehatan berkualitas tinggi, seperti ventilator dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 58 persen, furniture rumah sakit dengan TKDN 68 persen, serta baju medis yang memiliki TKDN hingga 92 persen.
 
"Dengan kemampuan tersebut, kami juga berupaya untuk membuka dan memperluas akses pasar ekspor bagi industri alat kesehatan dalam negeri," ujarnya.
 
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenperin: Industri alkes RI-Turki buat kerja sama 10,5 juta dolar AS
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024