Eko Suwanto ingatkan pemerintah serius bantu fakir miskin dan anak telantar

id Eko

Eko Suwanto ingatkan pemerintah serius bantu fakir miskin dan anak telantar

DPC PDI Perjuangan Yogyakarta memperingati secara sederhana Hari Lahir Pancasila dengan sarasehan dan tumpengan bersama, Sabtu (1/6/2024) (Istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - DPC PDI Perjuangan Yogyakarta memperingati secara sederhana Hari Lahir Pancasila dengan sarasehan dan tumpengan bersama.

Sebelumnya, rangkaian peringatan diwarnai juga dengan kunjungan ke panti asuhan yang ada di Yogyakarta.

"Melalui tumpengan kita berdoa bersama dan sarasehan menjadi ajang refleksi bersama, menghikmati Ir Soekarno, Proklamator RI yang menggali Pancasila, dan kita peringati bersama," kata Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta, Sabtu. 

Secara khusus, potong tumpeng diberikan kepada Dedi Rustam Kurniawan, Ketua Ranting PDI Perjuangan Bumijo dan kepada Puji Widodo, Ketua PAC PDI Perjuangan Kotagede Yogyakarta.

Sarasehan peringatan Hari Lahir Pancasila dihadiri oleh pengurus DPC PDI Perjuangan Yogyakarta beserta pengurus anak cabang dan ranting.

Sesuai hasil rakernas PDI Perjuangan di Jakarta,  Ibu Ketua Umum Hj Megawati Soekarnoputri berpesan dan memberikan perhatian khusus kepada pengurus partai di tingkat paling bawah.

"Mas Puji Widodo dan Mas Andhoeng memberikan teladan kepada kita bagaimana praktik Pancasila, dengan mereka berikan pertolongan kepada warga yang telantar di Kotagede," kata Eko. 

Menurut dia, upaya yang dilakukan Puji Widodo dan Dedi Rustam mencerminkan nilai-nilai Pancasila dalam hidup sosial kemasyarakatan yang patut diteladani. 

Apalagi, faktanya kemiskinan, pengangguran, dan stunting masih ada di tengah masyarakat Kota Yogyakarta. 

"Kita desak Pemda serius atasi berbagai permasalahan tadi utamanya untuk fakir miskin dan anak terlantar sesuai Konstitusi, harus dipelihara negara dan digotong royongi masyarakat," kata Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta. (*)