Bantul menyalurkan bantuan keuangan bagi sembilan parpol punya wakil DPRD

id Bantuan parpol ,Parpol pemenang Pemilu ,Pemkab Bantul

Bantul menyalurkan bantuan keuangan bagi sembilan parpol punya wakil DPRD

Serah terima bantuan keuangan bagi partai politik pemenang Pemilu 2024 di Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Jumat (21/6/2024) (ANTARA/HO-Kominfo Pemkab Bantul)

Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta menyalurkan bantuan keuangan kepada sembilan partai politik yang lolos dan mempunyai keterwakilan di kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bantul dalam Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024.

"Ada sembilan parpol yang menerima bantuan keuangan, mereka yang mendapatkan kursi di DPRD Kabupaten Bantul dalam Pemilu 2024," kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Bantul Hermawan Setiaji disela serah terima bantuan keuangan parpol di Bantul, Jumat.

Sembilan parpol itu adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Ummat, Partai Demokrat, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Dia mengatakan, bantuan ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 78 Tahun 2020 tentang tata cara penghitungan, penganggaran dalam APBD, dan tertib administrasi pengajuan, penyaluran dan laporan pertanggungjawaban penggunaan bantuan keuangan partai politik.

Sementara itu, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dalam sambutannya berharap kepada parpol penerima bantuan keuangan untuk menggunakan bantuan tersebut secara proporsional.

Bupati Bantul juga menekankan bahwa parpol mempunyai tanggung jawab untuk membangkitkan semangat partisipasi aktif masyarakat dalam berpolitik.

"Parpol ini ada sebagai perantara masyarakat dengan pemerintah. Parpol juga dibentuk sebagai kontrol atas kebijakan pemerintah. Namun selain itu, penting bagi parpol untuk turut membangkitkan semangat masyarakat agar berpartisipasi aktif di politik," katanya.

Bupati Bantul juga berpesan kepada pengurus partai politik untuk mengedukasi masyarakat agar bijak dalam menghadapi dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara.