Wagub DIY menyerahkan Paritrana Award 2023 untuk puluhan penerima

id Wagub DIY,BPJS ketenagakerjaan,paritrana award

Wagub DIY menyerahkan Paritrana Award 2023 untuk puluhan penerima

Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta KGPAA Paku Alam X menyerahkan penghargaan "Paritrana Award" Tahun 2023 di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (25/6/2024) (ANTARA/HO-BPJS Ketenagakerjaan)

Yogyakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta KGPAA Paku Alam X menyerahkan penghargaan "Paritrana Award" Tahun 2023 kepada puluhan pelaku dan badan usaha serta pemerintah daerah di provinsi ini yang mempunyai komitmen mendukung program BPJS Ketenagakerjaan.

"Saya berharap dengan Paritrana Award ini dapat memotivasi dan membangun kesadaran akan pentingnya BPJS Ketenagakerjaan. Selanjutnya dapat memperluas cakupan kepesertaan di masa yang akan datang," kata Paku Alam X di sela memberi penghargaan di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Selasa.

Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, kata Paku Alam, mempunyai arti penting dalam meningkatkan kesejahteraan pekerja sehingga negara telah menyusun landasan kebijakan melalui pembentukan Undang-Undang (UU) Nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan UU No 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial meliputi BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Atas dasar itu, menurut Wagub DIY, pemberi kerja memiliki peran penting untuk mendaftarkan semua pekerja sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Selamat kepada para pemenang Paritrana Award Tahun 2023. Semoga penghargaan ini dapat meningkatkan peran aktif, kesadaran, serta kepatuhan akan pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan," kata dia.

Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan DIY dan Jateng Isnavodiar Jatmiko mengatakan Yogyakarta menjadi daerah yang rutin menerima penghargaan Paritrana Award.

Pencapaian itu, menurut dia, adalah hasil nyata dari dukungan Pemda DIY dan pemerintah Kota Yogyakarta serta kabupaten di DIY, yang telah menunjukkan komitmen terhadap program BPJS Ketenagakerjaan.

"Kami merasakan betul, untuk memperluas 'coverage' kepesertaan tidak bisa dilakukan sendiri oleh kami. Komitmen dari pemerintah daerah menjadi aset luar biasa bagi kami untuk mendorong cakupan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan di masyarakat," kata dia.

Pemerintah, melalui BPJS Ketenagakerjaan, kata dia, tidak ingin masyarakat Yogyakarta dengan angka harapan hidup yang tinggi nantinya menjadi masyarakat lansia yang takut dengan masa tuanya, baik karena merasa sendirian, sakit-sakitan, atau bahkan masih harus bekerja di usia senja.

"Ini langkah panjang dan perlu kerja sama dari seluruh pemangku kepentingan. Saya kira Pemda DIY bisa menjadi contoh, lantaran sudah memikirkan jauh ke depan dengan memberikan dukungan untuk program BPJS Ketenagakerjaan," kata dia.

Sementara itu, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Yogyakarta Rudi Susanto menambahkan untuk kategori penerima penghargaan dari lingkup pemerintahan semula hanya mencakup pemerintah provinsi serta kabupaten/kota, namun mulai tahun 2023, pemerintah desa/kalurahan juga masuk kriteria.

"Untuk kalurahan atau desa kan menjadi ekosistem dengan potensi kepesertaan mandiri paling banyak dan berkembang. Kebetulan juga, Pemda DIY sedang mengembangkan reformasi desa atau kalurahan. Jadi pas atau cocok, bisa bersama-sama mendorong bagaimana memberikan perlindungan kepada pekerja di ekosistem kalurahan," kata Rudi.

Rudi mengaku Pemda DIY bersama Pemkot dan Pemkab di DIY banyak membantu upaya percepatan dan perluasan coverage BPJS Ketenagakerjaan. 

Saat ini, cakupan untuk pekerja mandiri di DIY telah mencapai 33 persen. 

Namun demikian, ada komitmen dari Pemda DIY untuk mendorong coverage menjadi 37 persen hingga akhir 2024. Penambahan ini setara dengan 400 ribu peserta baru di segmen pekerja mandiri atau pekerja Bukan Penerima Upah.

"Kami sangat berterimakasih dan mengapresiasi dukungan Pemda DIY untuk memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja mandiri atau pekerja bukan penerima upah," lanjut Rudi.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wagub DIY serahkan Paritrana Award 2023 untuk puluhan penerima