Indonesia ekspor kopi ke AS senilai 1,48 juta dolar AS

id Mendag,Zulkifli Hasan,Ekspor Kopi

Indonesia ekspor kopi ke AS senilai 1,48 juta dolar AS

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat melepas ekspor kopi ke Amerika Serikat Deli Serdang, Sumatera Utara, Senin (1/7/2024). ANTARA/HO-Kemendag

Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melepas ekspor kopi green bean produksi PT Ujang Jaya International sebanyak 10 kontainer senilai 1,48 juta dolar AS ke Amerika Serikat di Deli Serdang, Sumatera Utara, Senin.

Zulkifli mengatakan, pemerintah mendorong ekspor terus diperkuat untuk mencapai surplus perdagangan.

"Kami terus-menerus berupaya menggalakkan ekspor karena ini momentum surplus neraca dagang 49 bulan berturut-turut," ujar Zulkifli melalui keterangan di Jakarta, Senin.

Zulkifli menyampaikan, Kementerian Perdagangan (Kemendag) bekerja keras untuk membuka akses pasar produk Indonesia dengan mempercepat penyelesaian perjanjian dagang dengan negara mitra. Salah satunya, perjanjian Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA).

"Kita sedang bekerja keras untuk menyelesaikan perjanjian CEPA dengan Uni Eropa. Kalau perjanjian selesai, mudah-mudahan lada, kopi, terutama CPO tidak akan ada masalah di Uni Eropa. Perjanjian tinggal sedikit lagi selesai, mudah-mudahan sebelum Oktober selesai," kata Zulkifli.

Dalam lima tahun terakhir (2019-2023), tren ekspor kopi Indonesia menunjukkan peningkatan sebesar 4,46 persen. Di sisi lain, AS menempati urutan pertama sebagai negara tujuan ekspor produk kopi asal Indonesia dengan nilai mencapai 215,96 juta dolar AS dengan pangsa ekspor 23,24 persen.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mendag lepas ekspor kopi ke AS senilai 1,48 juta dolar AS
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024