Pemerintah harus atasi banyaknya tenaga kesehatan di Indonesia menganggur

id Komisi IX DPR,Tenaga Kesehatan,Nakes Menganggur,Distribusi Tenaga Kesehatan

Pemerintah harus atasi banyaknya tenaga kesehatan di Indonesia menganggur

Anggota Komisi IX DPR RI Dian Istiqomah dalam Rapat Kerja Komisi IX DPR dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Kompleks Parlemen yang dipantau via daring di Jakarta, Rabu (3/7/2024). (ANTARA/Tri Meilani Ameliya)

Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi IX DPR RI Dian Istiqomah meminta pemerintah untuk mengatasi persoalan mengenai masih banyaknya tenaga kesehatan (nakes) yang menganggur.

"Dari data Badan Pusat Statistik, itu terserap cuma 20 persen yang bekerja. Jadi kalau 20 persen, sekitar 298 ribu yang terserap pekerja, sedangkan yang masih menganggur itu sekitar 1 juta 192 ribu. Masih banyak sekali," kata Dian dalam Rapat Kerja Komisi IX DPR dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu.

Menurutnya, tenaga kesehatan masih diperlukan di sejumlah puskesmas sehingga sudah sepatutnya pemerintah menyerap nakes untuk dipekerjakan di puskesmas-puskesmas yang membutuhkan.

"Ini kalau saya hitung dengan kebutuhan yang kita punya, ini bisa menutup kebutuhan yang ada, terutama untuk mengisi nakes standar yang ada di puskesmas. Jadi, saya banyak sekali mendapat masukan dari teman-teman kalau mereka masih nganggur dan susah mendapatkan pekerjaan," ujar dia.



Berikutnya, Dian juga menyoroti persoalan pendistribusian tenaga kesehatan. Ia menilai saat ini masih banyak daerah yang mengalami masalah kekurangan tenaga kesehatan.

"Jadi kalau kekurangan, sudah kita selesaikan saja dengan yang ada ini. Tenaga yang siap kerja, yang ada, kita data, selanjutnya kita bagi ke tempat-tempat yang membutuhkan," ujar dia.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Anggota Komisi IX minta pemerintah atasi banyaknya nakes yang nganggur
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024