Indonesia bidik transfer kompetensi SDM dari Shanghai China

id Kementerian Tenaga Kerja, Ida Fauziah, RRT, bonus demografi,Shanghai International Training Center

Indonesia bidik transfer kompetensi SDM dari Shanghai China

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah saat mengunjungi Shanghai International Training Center (SITC), di Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Jumat (5/7/2024). (ANTARA/HO-Kemenaker)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengincar peluang transfer kompetensi sumber daya manusia (SDM) usia produktif dari Republik Rakyat Tiongkok (RRT) untuk memberi manfaat maksimal menyambut bonus demografi di Indonesia.  

Biro Humas Kemnaker di Jakarta, Jumat, menginformasikan peluang itu diperoleh Ida Fauziah di sela kunjungan kerja ke Shanghai International Training Center (SITC) pada hari ini.  

"Kerja sama akan kita lakukan dengan SITC, terutama untuk pelatihan berbasis kompetensi di seluruh balai pelatihan kerja berbasis komunitas di Indonesia," katanya.

Ida Fauziyah menambahkan beberapa potensi kerja yang akan dilakukan Kemnaker dengan SITC yakni dukungan pengembangan training of trainers bagi instruktur di Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) dan pelatihan manajemen training center bagi tenaga pelatihan di UPTP Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP).

Kerja sama lainnya, yaitu benchmarking kemitraan training center dengan dunia industri dan benchmarking manajemen mutu di fasilitas training center, serta asistensi teknis dalam pengembangan program pelatihan vokasi.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menaker incar peluang transfer kompetensi SDM dari Shanghai