Menparekraf tegaskan penutupan berkala TNK dukung kelestarian lingkungan

id Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, TNK, lingkungan, Labuan Bajo, penutupan berkala TNK

Menparekraf tegaskan penutupan berkala TNK dukung kelestarian lingkungan

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno. ANTARA/Gecio Viana.

Labuan Bajo (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan wacana penutupan berkala Taman Nasional Komodo (TNK) di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) dilakukan demi mendukung kelestarian lingkungan kawasan itu.

"Oleh karena itu pak Frans (Plt Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores) tadi menjelaskan bahwa yang kita inginkan itu adalah menjaga agar Taman Nasional Komodo itu sesuai dengan caring capacity, daya dukung dan kuota jadi nanti disesuaikan kunjungannya," katanya usai mengikuti Investor Roundtable Discussion bersama para investor di Labuan Bajo, Rabu.



Dia juga mengungkapkan bahwa pihaknya memiliki tamu seorang investor dari Inggris yang berkunjung ke Labuan Bajo bersama keluarganya dan ia menyampaikan kepada rekannya itu bahwa TNK sangat terbatas kunjungannya dan dibatasi untuk mendukung kelestarian lingkungan

"Dan dia bisa mengerti, tapi saya pesan bahwa untuk melihat Komodo bisa ke Pulau Rinca, di situ bisa dan pengalaman yang sama tentunya tapi tidak menambah beban kunjungan di atas daya dukung yang sudah kita tetapkan untuk wilayah Taman Nasional Komodo," ujarnya.

Menurut dia, jumlah kunjungan ideal ke TNK berdasarkan studi yang didapatkan Kemenparekraf yakni berkisar 700-1.200 orang dalam satu hari.

Namun demikian, kata dia, data tersebut bersifat dinamis dan diperkirakan mengalami perubahan karena faktor perubahan iklim, isu lingkungan dan kerusakan lingkungan dalam kawasan TNK.

"Ini harus kami terus perbarui sehingga jangan sampai kita menggunakan data lama yang saya miliki itu. Hal ini yang betul-betul harus kita patuhi jangan sampai nanti kita malah justru pariwisata itu memberikan dampak negatif terhadap keberlanjutan dari ekosistem lingkungan," katanya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menparekraf: Penutupan berkala TNK demi dukung kelestarian lingkungan