Ridwan Kamil ungkap koalisi parpol di Pilkada Jakarta 2024 cerminkan semangat rekonsiliasi

id Ridwan Kamil,Suswono,Ridwan Kamil Suswono,Pilkada Jakarta

Ridwan Kamil ungkap koalisi parpol di Pilkada Jakarta 2024 cerminkan semangat rekonsiliasi

Bakal pasangan calon pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta 2024, Ridwan Kamil (tengah kiri) dan Suswono (tengah kanan) di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (19/8/2024). (ANTARA/Rio Feisal)

Jakarta (ANTARA) - Bakal calon gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil atau RK menyatakan bahwa Koalisi Jakarta Baru untuk Jakarta Maju yang berisikan 12 partai politik untuk mengusung dirinya di Pilkada Jakarta mencerminkan semangat rekonsiliasi pasca-Pemilu 2024.

“Yaitu partai-partai yang mungkin berseberangan saat pemilu, namun di Pilkada Jakarta menyatakan kesepahamannya untuk bersatu, berekonsiliasi,” kata RK di Hotel Sultan, Jakarta, Senin.

Ia mencontohkan rekonsiliasi itu juga tercermin dari duet antara dirinya dengan pasangannya, yakni bakal calon wakil gubernur DKI Jakarta Suswono.

“Saya dan Suswono sebelumnya di pemilu tentunya tidak sama. Di sini kami bersatu, menunjukkan itulah seharusnya nilai-nilai dalam demokrasi kita,” ujarnya.

RK merupakan kader Partai Golkar yang saat Pemilu 2024 mendukung pasangan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, sedangkan Suswono adalah kader Partai Keadilan Sejahtera yang mengusung pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa setelah diumumkan dan dideklarasikan oleh 12 partai politik, maka proses berikutnya adalah kontestasi.

“Kami akan kerja keras meyakinkan warga Jakarta, belajar untuk memberikan sebuah komunikasi politik, bagaimana masalah-masalah yang hadir setiap hari kami akan maksimalkan dalam program, visi, misi kami lima tahun ke depan,” jelasnya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: RK: Koalisi ini mencerminkan semangat rekonsiliasi