BKD DIY minta pelamar CPNS tak tergiur iming-iming calo

id BKD DIY,ASN,CPNS,DIY

BKD DIY minta pelamar CPNS tak tergiur iming-iming calo

Ilustrasi- Sejumlah peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemprov Jabar di GOR Arcamanik, Bandung, Jawa Barat, Kamis (30/1/2020). Sebanyak 37.985 peserta mengikuti seleksi yang dilaksanakan pada 29 Januari - 8 Februari 2020. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww (.)

Yogyakarta (ANTARA) - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Daerah Istimewa Yogyakarta(DIY) meminta masyarakat, khususnya para pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) atau aparatur sipil negara (CASN) di wilayah ini tidak tergiur iming-iming calo yang menjanjikan membantu meloloskan tes tersebut.

"Jangan percaya kepada orang-orang yang mengatasnamakan siapapun untuk bisa membantu mempermudah proses CPNS," ujar Kepala BKD DIY Amin Purwani di Yogyakarta, Selasa.

Amin menegaskan bahwa semua tahapan tes CPNS harus dilakukan sendiri tanpa bisa diintervensi pihak lain.

Pendaftaran CPNS yang dilakukan secara daring, seleksi administrasi, hingga seleksi tertulis menggunakan sistem komputerisasi atau computer assisted test (CAT), kata dia, tidak memungkinkan celah bantuan dari orang lain.

"Karena memang tidak ada yang bisa membantu kecuali diri sendiri,yang kemudian pakai duit gitu, ya enggak ada," kata dia.

Apalagi, kata dia, hasil dari serangkaian seleksi disajikan secara daring dan transparan sehingga langsung bisa dilihat oleh para peserta tes.

Menurut dia, Pemerintah Daerah (Pemda) DIY membuka 378 formasi bagi warga negara Indonesia yang ingin bergabung sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024.

Sebanyak 378 formasi tersebut terdiri atas tenaga teknis sebanyak 359 formasi dan tenaga kesehatan 19 formasi.

Untuk mendaftar CPNS di Pemda DIY tahun 2024, masyarakat bisa mengakses situs resmi SSCASN (https://sscasn.bkn.go.id).