Generasi muda tanam pohon di Situs Sejarah Trowulan, Jatim, jaga kelestarian

id Ayo darling bldf, Djarum foundation, tanam pohon, candi trowulan

Generasi muda tanam pohon di Situs Sejarah Trowulan, Jatim, jaga kelestarian

Aksi penanaman pohon yang melibatkan Siap Darling di pelataran Candi Gapura Wringinlawang di kawasan Situs Trowulan Mojokerto. Tampak yang mencangkul Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mojokerto Zaqqi (kanan), Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XI Provinsi Jawa Timur Endah Budi Haryani (kiri) dan Direktur Komunikasi Djarum Foundation Mutiara D Asmara (tengah). ANTARA/Budhi Santoso

Surabaya (ANTARA) - Aksi penghijauan di kawasan situs warisan sejarah kembali dilakukan Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF), kali ini dilakukan di kawasan situs Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, Selasa.

Melalui gerakan Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling), BLDF mengajak 159 mahasiswa dari berbagai kampus di Jawa Timur melakukan aksi penghijauan dengan penanaman pohon di pelataran Candi Gapura Wringinlawang dan Candi Kedaton, keduanya masuk kawasan Situs Trowulan.

Sebelumnya, mahasiswa yang tergabung dalam relawan Siap Darling itu mendapat paparan tentang kelestarian lingkungan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mojokerto Zaqqi, Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XI Provinsi Jawa Timur Endah Budi Haryani dan pemimpin redaksi gerakan @SayaPilihBumi Ramon Y. Tungka.

Zaqqi mengingatkan generasi muda untuk mempunyai semangat menjaga lingkungan karena sudah banyak kasus kerusakan lingkungan yang menyebabkan bencana.

"Bukti terkini adalah banjir bandang di Kota Ternate yang telah menimbulkan 16 korban jiwa. Ini salah satunya akibat kerusakan lingkungan. Jadi generasi muda harus berada di depan dalam menjaga lingkungan," katanya.

Sementara Endah Budi Haryani mengakui bahwa banyak kawasan candi di Jawa Timur yang perlu penghijauan sehingga ikut melindungi bangunan candi dari kerusakan akibat terpaan angin.

"Bata bangunan candi ternyata lebih mudah 'ngrowong' akibat terpaan angin yang kencang, nah keberadaan pohon ini mengurangi laju angin," katanya.

Sementara Ramon mengajak kaum muda untuk tergerak mencegah kerusakan lingkungan dengan hal-hal kecil seperti menghemat listrik, mengurangi penggunaan plastik, atau ikut pemilah sampah rumah tangga.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BLDF ajak generasi muda tanam pohon di Situs Trowulan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024