Polda DIY minta personel jaga netralitas menjelang Pilkada 2024

id Polda DIY,Pilkada 2024,netralitas polri

Polda DIY minta personel jaga netralitas menjelang Pilkada 2024

Ilustrasi- Anggota Brimob Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/ama.

Yogyakarta (ANTARA) - Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta meminta seluruh personel Polri di wilayah setempat mampu menjaga netralitas menjelang pelaksanaan Pilkada serentak 2024.

"Polri memiliki tanggung jawab terkait keamanan bersinergi dengan TNI dan elemen masyarakat serta menjaga netralitas dan profesionalitas dalam menghadapi Pilkada Serentak 2024," kata Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol. Nugroho Arianto dalam keterangannya di Yogyakarta, Kamis.

Nugroho menuturkan Polda DIY telah menerjunkan 27 pejabat utama untuk memberikan asistensi di 27 polsek di wilayah Polresta Yogyakarta dan Polresta Sleman.

Selain menekankan soal netralitas dan profesionalitas, kata dia, asistensi bertujuan memastikan kesiapan personel Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang Pilkada 2024.

Mengingat pentingnya peran Polri sebagai penegak hukum yang netral dan profesional, menurut Nugroho, kegiatan asistensi yang dimulai pada Rabu (11/9) malam tersebut bakal dilakukan secara berkelanjutan.

"Kami berharap para anggota di lapangan bekerja dengan semangat dan profesional demi suksesnya Pilkada yang aman, damai, dan demokratis," kata dia.

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kota Yogyakarta Siti Nurhayati mengakui potensi kerawanan terkait netralitas ASN, termasuk TNI/Polri di pilkada lebih besar dibandingkan saat pemilu.

Karena itu, dia meminta seluruh pihak ikut mengawal netralitas mereka agar selama tahapan pilkada seluruh pelayanan kepada masyarakat tetap dilakukan secara profesional.

"Untuk Kota Yogyakarta alhamdulillah berkaca dari Pemilu 2024 aman dari pelanggaran netralitas ASN," kata dia.