Pemkab Sleman panen raya di lahan tidur produktivitas 8,8 ton per hektare

id Panen padi,Lahan tidur,Sleman

Pemkab Sleman panen raya di lahan tidur produktivitas 8,8 ton per hektare

Panen raya ladi di lahan tidur di Gamplong IV, Kabupaten Sleman, DIY, Jumat (20/9/2024). ANTARA/Sutarmi

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), panen raya padi di lahan tidur seluas 22 hektare di Gamplong IV, dengan produktivitas 8,8 ton per hektare.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa, di Sleman, Jumat, mengatakan program ini didasarkan atas penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kementerian Pertanian RI dan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 04/MoU/HK.220/M/04/2024 atau NK/20/IV/2024 tentang Sinergitas Tugas dan Fungsi pada Pembangunan Pertanian pada tanggal 25 April 2024 dalam rangka Gerakan Antisipasi Darurat Pangan Nasional.

Program sinergi pembangunan pertanian untuk mendukung Indonesia Maju merupakan program kolaborasi antara Polresta Sleman, Pemkab Sleman, dengan Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) DIY.

"Program sinergitas pembangunan pertanian untuk mendukung Indonesia Maju berhasil dengan panen yang saat ini sudah dapat dilakukan. Perkiraan panen padi per hektare sebanyak 8,8 ton per hektare. Dengan luas lahan 22 hektare, panen padi berpotensi
sebanyak 193,6 ton," kata Danang, usai panen padi di Gamplong IV.

Ia mengatakan program sinergi tersebut dituangkan dalam kegiatan optimalisasi lahan tidur yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian khususnya komoditas beras yang merupakan komoditas andil inflasi di berbagai daerah, termasuk Kabupaten
Sleman.

Sebagai proyek percontohan, optimalisasi lahan tersebut telah dituangkan di Gamplong IV dengan luas 22 ha yang sebelumnya merupakan “lahan tidur” (tidak ditanami). Lahan ini sebelumnya tidak dapat ditanam karena irigasi yang tidak lancar akibat penyempitan saluran yang rusak.

"Pembangunan gorong-gorong dan perbaikan saluran irigasi rusak dilakukan bekerja sama dengan Dinas PUP-ESDM DIY, agar irigasi yang terhubung dengan selokan Van Der Wick kembali lancar. Kick off penanaman telah dilaksanakan pada tanggal 11 Juni 2024," katanya pula.

Untuk selanjutnya, petani agar bisa memanfaatkan lahan tersebut untuk pertanian secara berkelanjutan dan diupayakan untuk serempak dilaksanakan.

"Kami mengupayakan ketersediaan air untuk mengairi sawah milik petani untuk memanfaatkan lahan tidur," katanya lagi.