Peringatan Tsunami dikeluarkan di kepulauan Pasific Selatan

id peringatan tsunami di pasific

Peringatan Tsunami dikeluarkan di kepulauan Pasific Selatan

Ilustrasi (Foto ANTARA/doc)

Sydney (Antara/Reuters Jogja) - Satu peringatan tsunami telah dikeluarkan untuk beberapa kepulauan Pasifik Selatan setelah gempa besar berkekuatan 8.0 skala Richter terjadi di lepas pantai Kepulauan Solomon, kata Pusat  Peringatan Tsunami Pasifik di Hawaii Rabu.

Peringatan tersebut dikeluarkan untuk Kepulauan Solomon, Vanuatu,Nauru, Papua Nugini, Tuvalu, Kaledonia Baru, Kosrae, Fiji, Kiribati, dan Wallis dan kepulauan Futuna.

Peringatan untuk pengamatan tsunami juga dikeluarkan untuk seluruh negara di Pasifik Selatan, termasuk Australia, Selandia Baru dan Indonesia.

Gempa terjadi pada kedalaman yang sangat dangkal hanya lima kilometer (tiga mil) dan terletak 340 kilometer (211 mil) timur dari Kira Kira di Kepulauan Solomon.

"Belum  diketahui apakah  tsunami telah terjadi. Peringatan ini hanya didasarkan pada evaluasi gempa," kata pusat tsunami.

Sebelumnya Survei  Geologi Amerika Serikat (USGS) menyatakan gempa berkekuatan 8,0 skala Richter telah mengguncang sebelah timur Kepulauan Solomon pada Rabu.

Gempa tersebut adalah gempa  dangkal 5,8 kilometer (3,6 mil) di dalam bumi dengan pusat gempa sekitar  347 kilometer sebelah timur Kira Kira di Kepulauan Solomon.

Satu peringatan tsunami telah dikeluarkan oleh Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di Hawaii.

Sejauh ini belum ada laporan-laporan mengenai adanya korban jiwa atau materi dari wilayah terkena gempa itu.(AK)