PWI Kalsel jadi tuan rumah Porwanas 2013

id Porwanas Kalsel 2013

PWI Kalsel jadi tuan rumah Porwanas 2013

Porwanas PWI 2013 (antaranews.com)

Serang (Antara Jogja) - Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Daerah Kalimantan Selatan menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olah Raga Wartawan Nasional (Porwanas) ke-11 tahun 2013 di Banjarmasin.

Kesiapan menjadi tuan rumah Porwanas ke-11 Tahun 2013 tersebut disampaikan Ketua PWI Kalimantan Selatan (Kalsel) Fathurahman dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (Siwo PWI) 2013 di Serang, Kamis.

"Kami sudah memperkirakan kebutuhan anggaran sekitar Rp10,5 miliar. Dari kebutuhan itu sekitar 65 persen sudah terpenuhi sampai saat ini," kata Fathurahman.

Menurutnya, awalnya ia memperkirakan anggaran untuk Porwanas tersebut sekitar Rp9,6 miliar. Namun setelah diperhitungkan kebutuhannya mencapai sekitar Rp10,5 miliar.    

Pihaknya juga sudah menyiapkan sejumlah lokasi pertandingan untuk cabang olah raga yang akan dipertandingkan dalam even tiga tahunan, yang diikuti wartawan anggota PWI dari seluruh Indonesia tersebut.

"Kami sudah bertemu dengan pemerintah setempat, para tokoh agama, pemuda serta unsur masyarakat lainnya. Pada intinya mereka menyambut baik untuk menjadi tuan rumah kegiatan tersebut," kata Fathurahman.

Bahkan, kata dia, pihaknya bersama pengurus Siwo PWI pusat sudah meluncurkan maskot untuk penyelenggaraan Porwanas tersebut yakni 'Kera Bekantan'.

"Kami juga sudah mengecek kesiapan sekitar 4.000 tempat tidur di wilayah Banjarmasin," katanya.

Pihaknya juga sudah berkordinasi dengan Pemrov Kalimantan Selatan, bahwa penyelenggaraan Porwanas juga akan diramaikan dengan berbagai kegiatan seni budaya diantaranya Gelar Budaya Sungai Banjarmasin, Ekspo Porwanas serta wisata kota intan.

Ketua Siwo PWI Pusat Raja Parlindungan Pane mengatakan, dalam upaya untuk meningkatkan prestasi olah raga khususnya sepak bola dan  bulu tangkis, PWI juga akan menghadirkan Bambang Pamungkas dan Rahmad Darmawan untuk berdiskusi terkait prestasi sepak bola nasional dan permasalahannya serta bekerjasama dengan PBSI untuk berdiskusi tentang bulu tangkis Indonesia.

"Kami berharap PWI daerah benar-benar melakukan seleksi terhadap para atlet yang benar-benar wartawan. Jaga sportifitas dan tidak boleh memasukan atlet yang bukan wartawan," kata Raja Parlindungan.

Ia mengatakan, rencananya Porwanas akan berlangsung mulai 4 September 2013 dan akan dibuka Menpora Roy Suryo dan akan dihadiri sekitar 4000 orang wartawan anggota PWI.

 Kegiatan tersebut juga sekaligus akan dirangkaikan dengan Kongres PWI dan peringatan hari olah raga nasional.

Sejumlah cabang olah raga yang akan dipertandingkan di Porwanas tersebut di antaranya atletik, biliar, bridge, bulu tangkis, bola voli, catur, futsal, sepakbola, tenis meja dan tenis.

(M045)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024