Pemkab Kulon Progo santuni 208 tukang becak

id becak

Pemkab Kulon Progo santuni 208 tukang becak

Ilustrasi becak (Foto ANTARA/Wahyu Putro)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, melalui Badan Amil Zakat Daerah memberikan bantuan santunan kepada 208 tukang becak di wilayah ini.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo di Kulon Progo, Selasa, mengatakan pihaknya mengumpulkan zakat pegawai negeri sipil (PNS) supaya membayar zakat, infak dan shodaqoh kepada kurang mampu.

"Seluruh tukang becak yang masih aktif atau sudah pensiun dan masih terdaftar tetap mendapat santunan," kata Hasto.

Kepada tukang becak, Hasto menyampaikan bahwa mulai sekarang

setiap PNS diminta menjadi bapak angkat empat keluarga pra sejahtera, apabila ada warga miskin disekitar abang becak yang belum dapat bapak asuh.

Bupati meminta untuk mencari tahu ke kepala desa, camat, atau tanya ke bupati langsung.

"Tugas PNS memberikan pengarahan kalau ada ruwet renteng meskipun tidak harus membayari secara langsung," katanya.

Wakil Ketua Pengurus Bazda Jumanto mengatakan nominal yang diberikan kepada tukang becak sebesar Rp100 ribu, sedangkan yang pensiun atau sudah tidak aktif sebesar Rp50 ribu. Nominal bantuan ini mengalami peningkatan dibandingkan lebaran sebelumnya hanya sebesar Rp75 ribu per orang,

"Tukang becak yang mendapat bantuan sebanyak 208 yang beroparasi di kasawan Alun-Alun Wates, RSUD Wates dan di Kecamatan Galur," kata Jumanto.

Dia mengatakan Bazda Kulon Progo juga memberikan santunan kepada kaum duafa disekitar rumah dinas bupati, petugas kebersihan dan petugas sampah.

"Bantuan ini untuk membantu warga yang kurang mampu supaya dapat memenuhi kebutuhannya saat lebaran," kata dia.
(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024