UMY kirim enam tim ke Pimnas 2014

id umy kirim enam

UMY kirim enam tim ke Pimnas 2014

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jogja (Antara Jogja) - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengirimkan enam tim Program Kreativitas Mahasiswa ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional Ke-27 di Universitas Diponegoro Semarang, 25-29 Agustus 2014.

"Enam tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) itu beranggotakan 27 mahasiswa. Kami siap berlomba dalam ajang bergengsi tahunan dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) itu," kata Rektor UMY Bambang Cipto di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, UMY bangga terhadap para mahasiswa yang turut bersaing untuk mengharumkan nama universitas di kancah nasional. Semangat luar biasa yang dibawa tim PKM tersebut harus tetap dijaga.

"Selain itu, semangat sebagai mahasiswa di kampus yang Muda Mendunia juga harus dibawa hingga Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) Ke-27 usai," katanya.

Ia mengatakan kredo Muda Mendunia yang dimiliki UMY juga menjadi beban berat tersendiri bagi mahasiswa. Di usia UMY yang masih tergolong muda yakni 33 tahun, seluruh civitas akademika UMY harus berani bersaing di kancah nasional dan internasional.

Oleh karena itu UMY berharap dengan semangat para mahasiswa yang dibawa dalam ajang Pimnas Ke-27 tersebut bisa menjadikan tim ini menjadi yang terbaik.

"Kami juga berharap apa yang diperoleh nanti bisa memberi manfaat bagi mahasiswa pada khususnya serta universitas, keluarga, dan masyarakat pada umumnya," katanya.

Ketua Kontingen Tim PKM UMY Sugito mengatakan enam tim PKM yang berhasil lolos ke Pimnas ke-27 tersebut merupakan tim-tim yang lolos seleksi dalam Monitoring dan Evaluasi (Monev) Ditjen Dikti.

Menurut dia, dari 113 proposal penelitian yang berhasil didanai Ditjen Dikti, enam proposal di antaranya adalah milik enam tim PKM UMY yang lolos Pimnas tersebut.

"Pada 2014 kami berhasil mengirimkan enam tim PKM menuju Pimnas karena tahun lalu hanya ada dua tim dalam satu jenis penelitian. Pada 2014 terdiri atas berbagai penelitian yakni PKM Penelitian, PKM Karsa Cipta, PKM Pengabdian Masyarakat, dan PKM Kewirausahaan," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024