51 SMP Bantul menggabung pelaksanaan UNBKk 2017

id UNKB

51 SMP Bantul menggabung pelaksanaan UNBKk 2017

Ilustrasi pelaksanaan Ujian Nasional SMP (Foto Antara)

Bantul (Antara Jogja) - Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat sebanyak 51 sekolah menengah pertama daerah ini menggabung dengan sekolah lain dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer 2017.

"SMP yang tidak mengadakan UNBK di sekolah sendiri karena tidak punya perangkat, kalaupun punya jumlahnya tidak mencukupi," kata Kasubag Program Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Bantul Siti Zamzanah di Bantul, Sabtu.

Berdasarkan data yang dihimpun Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Bantul, jumlah sekolah menengah pertama (SMP) sederajat di 17 kecamatan se-Bantul yang akan mengikuti UNBK pada 2017 sebanyak 112 sekolah.

Dari sebanyak itu, 51 sekolah di antaranya tidak dapat menyelenggarakan UNBK di sekolah sendiri sehingga harus menggabung dengan sekolah lain atau meminjam tempat beserta perangkat di SMK-SMK yang terdekat.

Ia mengatakan mayoritas SMP menggabung ke SMK, misalnya SMP Muhammadiyah Bantul ke SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Sekolah bisa meminjam ruangan dan perangkat karena SMK sudah selesai terlebih dahulu menyelenggarakan UNBK.

Menurut dia, sekolah bisa menyelenggarakan UNBK jika jumlah perangkat komputer yang tersedia minimal satu per tiga dari jumlah siswa. Misalnya jumlah siswa kelas kelas sembilan 120 orang, maka minimal 40 komputer.

"Pelaksanaan UNBK akan dibagi tiga sesi di masing-masing sekolah, karena kalau satu sesi tempatnya tidak cukup. Setiap ruangan paling banyak hanya 40 komputer, itu pun sudah mepet," katanya.

Sementera itu, katanya, jumlah siswa SMP di Bantul yang terdaftar mengikuti UNBK serentak pada Mei 2017 sebanyak 12.622 siswa tersebar di semua sekolah itu. Seluruh sekolah dan siswa juga dipersiapkan menghadapi ujian itu.

"Prinsip semua SMP di Bantul siap melaksanakan UNBK, karena kalau ada yang tidak siap, sudah laporan. Tahapan persiapan sudah proses sinkron server untuk simulasi UNBK pada 27-29 Februari 2017," katanya.

(T.KR-HRI)