YKI: penanggulangan kanker tergantung pembinaan kepada masyarakat

id kanker

YKI: penanggulangan kanker tergantung pembinaan kepada masyarakat

Ilustrasi (Foto antaranews.com) (antaranews.com)

Sleman (Antara Jogja) - Keberhasilan penanggulangan kanker tergantung pada upaya membina masyarakat agar mampu mengenal penyakit kanker dan langkah pencegahannya sejak dini, kata Ketua Yayasan Kanker Indonesia Kabupaten Sleman Kustini Sri Purnomo.

"Paradigma sehat harus dipahami bahwa program-program kesehatan dititikberatkan pada upaya promotif dan preventif dengan tidak meninggalkan upaya kuratif dan rehabilitatif," kata Kustini pada Talk Show ?"Cegah dan Deteksi Dini Kanker Serviks" di Sleman, Rabu.

Menurut dia, pembangunan kesehatan dikembangkan dengan mendorong peran serta masyarakat dalam perilaku hidup bersih dan sehat.

"Tantangan di bidang kesehatan yang dihadapi saat ini adalah transisi demografi dan perubahan pola penyakit yang mengarah pada penyakit degeneratif seperti diabetes, hipertensi, dan kanker," katanya.

Sedangkan Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun yang secara langsung membuka "talkshow" tersebut menyambut baik dan memberikan apresiasi penyelenggaraan kegiatan tentang kanker bagi tim penggerak PKK kecamatan dan desa se-Kabupaten Sleman serta masyarakat umum.

"Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi solusi dan upaya pencegahan penyakit kanker serviks sehingga kaum perempuan di Kabupaten Sleman terhindar dari penyakit kanker serviks," katanya.

Ia berharap peserta yang mengikuti "talk show" ini selanjutnya akan menjadi agen untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang bahaya kanker serviks.

Kegiatan yang digelar dalam rangka HUT Yayasan Kanker Indonesia (YKI) ke-40 tersebut menghadirkan narasumber dr Detty Siti Nurdiati Z, PhD, SpOG (K) dari RSUP Dr Sardjito Yogyakarta.

Selain mengadakan "talk show", YKI bekerja sama dengan Pemkab Sleman, TP PKK, Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman juga telah mengadakan Sosialisasi dan Screening (deteksi dini) Kanker Payudara dan Kanker Leher Rahim atau IVA tesbbagi 1.000 Wanita Usia Subur (WUS) di Kabupaten Sleman.

(U.V001)
Pewarta :
Editor: Mamiek
COPYRIGHT © ANTARA 2024