Polda DIY gelar kesiapan pasukan Operasi Ketupat Progo 2019

id Polda ,Lebaran,ketupat progo 2019

Polda DIY gelar kesiapan pasukan Operasi Ketupat Progo 2019

Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dhofiri mengecek kesiapan pasukan saat Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Progo 2019 di halaman Markas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa. (FOTO ANTARA/Luqman Hakim)

Yogyakarta (ANTARA) - Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Progo 2019 di halaman Markas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa, dalam rangka pengamanan Lebaran.

Apel yang dihadiri perwakilan TNI Angkatan Darat, Polantas, Polairud, Binmas, Perwakilan Dinas Perhubungan, Jasa Raharja, tokoh agama dan tokoh masyarakat itu dipimpin langsung oleh Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dhofiri.

"Setiap tahun kita kita melaksanakan operasi. Kita menggunakan kekuatan maksimal, seperti di DIY kita mengerahkan hampir 5.000 personel. Polri sendiri 2700, saya kira itu cukup," kata Dhofiri.

Ia mengatakan Operasi Ketupat Progo 2019 akan digelar selama 13 hari, mulai Rabu (29/5) dini hari sampai 10 Juni 2019 memiliki karakteristik yang khas dibandingkan dengan operasi di tahun-tahun sebelumnya.

"Operasi Ketupat akan dilaksanakan bersamaan dengan penyelenggaraan tahapan Pemilu Tahun 2019. Hal tersebut membuat potensi kerawanan yang akan dihadapi dalam penyelenggaraan Operasi Ketupat Tahun 2019 semakin kompleks," kata dia.

Selain berkaitan dengan momentum pemilu, menurut Dhofiri, arus lalu lintas seiring dengan telah rampungnya sambungan Tol Trans Jawa juga menjadi fokus perhatian tersendiri bagi Polda DIY.

"Walau pun DIY bukan dilintasi tapi kan tujuan orang pemudik ada di DIY. Otomatis kalau dulu dari arah magelang sekarang lebih banyak dari arah Solo-Klaten," ujar dia.

Komandan Korem 072 Pamungkas Brigjen M. Zamroni mengatakan telah semaksimal mungkin memberikan dukungan personel kepada pihak Polri di DIY maupun daerah-daerah lain dalam Operasi Ketupat Progo 2019.

Menurut Zamroni TNI nantinya tidak akan mendirikan pos sendiri, tapi akan bergabung dengan pos yang didirikan Polri dan instansi terkait yang terlibat dalam operasi tersebut.

Ia mengimbau masyarakat untuk bisa ikut serta menjaga ketertiban dan keamanan DIY selama libur lebaran tahun ini.

"Mari kita wujudkan Yogyakarta tetap aman, damai. Dan saya berharap bantuan seluruh warga masyarakat untuk mewujudkan suasana yang kondusif, karena hal tersebut tidak bisa terwujud apabila tanpa andil dan bantuan dari seluruh lapisan masyarakat," ujar Zamroni.
Baca juga: Polda DIY memprioritaskan pengamanan objek wisata selama Lebaran