Mencapai 200 meter, tinggi kolom abu vulkanik Gunung Tangkuban Parahu

id tangkuban parahu meletus,erupsi tangkuban parahu,gunung api indonesia

Mencapai 200 meter, tinggi kolom abu vulkanik Gunung Tangkuban Parahu

Erupsi Gunung Tangkuban Parahu terlihat dari kejauhan. (Dokumentasi BNPB)

Jakarta (ANTARA) - Gunung Tangkuban Parahu (Kawah Ratu) meletus dan memuntahkan abu vulkanik dengan tinggi kolom abu lebih kurang 200 meter dari atas puncak atau lebih kurang 2.284 meter di atas permukaan laut pada Jumat pukul 15.48 WIB.

Menurut hasil pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dari Pos Pengamatan Gunungapi Tangkuban Parahu, kolom abu tebal dan berwarna kelabu itu condong ke arah timur laut dan selatan.

Erupsi Gunung Tangkuban Parahu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 38 mm dan durasi lebih kurang lima menit 30 detik.

Pelaksana Harian Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Agus Wibowo lewat keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat, meminta masyarakat, pengunjung, wisatawan, dan pendaki yang berada di sekitar Gunung Tangkuban Parahu tidak menginap dalam kawasan kawah-kawah aktif yang ada di dalam kompleks dan tidak turun mendekati dasar Kawah Ratu dan Kawah Upas.

PVMVG juga mengimbau masyarakat mewaspadai potensi terjadinya letusan freatik yang bersifat tiba-tiba tanpa didahului oleh gejala-gejala vulkanik yang jelas.

 

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024