KPU Bantul : ada 114 pendaftar calon anggota PPK untuk Pilkada 2020

id Loket pendaftaran PPK KPU Bantul

KPU Bantul : ada 114 pendaftar calon anggota PPK untuk Pilkada 2020

Loket pendaftaran calon anggota PPK untuk Pilkada Bantul 2020 di Kantor KPU Kabuparten Bantul. ANTARA/Hery Sidik

Bantul (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyebut sebanyak 114 orang telah mendaftar sebagai calon anggota panitia pemilihan kecamatan untuk pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantul 2020.

"Sampai dengan Selasa (21/1) kami telah menerima pendaftar calon anggota PPK sebanyak 114 orang, terdiri atas 64 laki-laki dan 50 perempuan," kata Ketua Divisi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Kabupaten Bantul Musnif Istiqomah di Bantul, Rabu.

Menurut dia, sampai dengan saat ini pendaftar dari Kecamatan Kretek adalah yang terbanyak dengan jumlah 11 orang, sedangkan jumlah pendaftar yang masih minim dari Kecamatan Dlingo yang baru satu orang.

"Selain Dlingo, Kecamatan Jetis juga menjadi salah satu kecamatan yang masih minim pendaftar dengan jumlah pendaftar hanya tiga orang," katanya.

Musnif mengatakan bahwa untuk melanjutkan ke tahapan seleksi administrasi minimal pendaftar dari masing-masing kecamatan adalah 10 orang serta memenuhi 30 persen keterwakilan perempuan dihitung dari jumlah kebutuhan PPK yaitu lima orang.

Meskipun ada dua kecamatan yang masih minim pendaftar calon PPK, Musnif optimistis target minimal 10 pendaftar di masing-masing kecamatan akan tercapai hingga hari terakhir pendaftaran pada tanggal 24 Januari nanti.

"Kami optimistis karena sudah melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih di semua segmen masyarakat seperti di kalangan pemilih perempuan dan pemilih pemula," katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Bantul Didik Joko Nugroho mengatakan bahwa peserta yang lolos seleksi administrasi selanjutnya akan mengikuti tes tertulis.

Setelah lolos tes tertulis, kata Didik, calon anggota PPK akan melanjutkan tes wawancara untuk memperdalam kompetensi dan pengalaman kepemiluan.

Dalam rentang waktu pada tahapan tes tertulis dan tes wawancara calon anggota PPK, pihaknya membuka ruang terhadap masukan dan tanggapan masyarakat terhadap para calon anggota PPK di 17 kecamatan.

"Masukan dan tanggapan ini akan menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan anggota PPK yang berintegritas dan profesional. PPK yang terpilih akan dilantik secara serentak pada tanggal 29 Februari dan akan menjabat selama 9 bulan," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar