PHBI Banaran Kulon Progo salurkan zakat fitrah di Kalibawang dan Samigaluh

id PHBI Banaran,Kulon Progo,zakat

PHBI Banaran Kulon Progo salurkan zakat fitrah di Kalibawang dan Samigaluh

Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Banaran, Kecamatan, Galur Eko Heri Prasongko kepada tokoh masyarakat di Kecamatan Kalibawang. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) -
Panitia Hari Besar Islam Desa Banaran, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyalurkan zakat fitrah Idul Fitri 1442 Hijriah di Desa Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang dan Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh.

Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Banaran, Kecamatan, Galur Eko Heri Prasongko di Kulon Progo, Rabu, mengatakan kegiatan ini sudah menjadi program rutin tahunan dengan lokasi kerja sama di daerah yang membutuhkan.

"Zakat fitrah di Kecamatan Galur sangat besar, sehingga kami salurkan ke wilayah-wilayah yang membutuhkan bantuan. Pada Idul Fitri 1442 Hijriah ini, kami menyalurkan di Banjarharjo dan Sidoharjo berupa beras sebanyak 525 kilogram dengan 210 sasaran," kata Eko Heri.

PBHI Galur tidak hanya menyalurkan bantuan berupa hewan kurban dan daging kurban saat Idul Adha. Kemudian, setiap Idul Fitri juga menyalurkan bantuan fitrah baik berupa beras dan uang. Selama ini, sasaran zakat di wilayah Kecamatan Kokap, Girimulyo, Samigaluh dan Kalibawang.

"Sebagai daerah yang terkenal sebagai Serambinya Mekah, Desa Banaran, Kecamatan Galur, selalu surplus pada saat pengumpulan zakat fitrah atau pun penyembelihan hewan qurban. Untuk itu, PHBI  Desa Banaran, Kecamatan Galur menyalurkan sebagian ke daerah yang lebih membutuhkan sehingga akan ada nilai kemanfaatan dan pemerataan," kata Heri Eko.

Koordinator Bidang Sosial dan Dakwah PHBI Desa Banaran, Kecamatan Galur. Priyo Santoso mengharapkan dengan kegiatan ini diharapkan semakin banyak para pihak, baik perorangan maupun lembaga penyalur zakat untuk meratakan penyakuran ke daerah yang lebih membutuhkan, sehingga akan ada kemanfaatan yang lebih maksimal.

"Kami berupaya setiap hari-hari besar menyalurkan bantuan atau zakat ke daerah-daerah yang membutuhan, sehingga bermanfaat," katanya.
Pewarta :
Editor: Sutarmi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar