DKP Kulon Progo merehabilitasi pengolahan ikan Sari Lele Banaran

id Sari Lele Banaran,Kulon Progo,DKP Kulon Progo

DKP Kulon Progo merehabilitasi pengolahan ikan Sari Lele Banaran

Kepala DKP Kulon Progo Trenggono menunjukan produk olahan poklahsar. (ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, merehabilitasi Unit Pengolahan Ikan Kelompok Pengolah dan Pemasar Sari Lele Kalurahan Banaran dalam upaya meningkatkan penjualan dan pemasaran produk kelompok tersebut.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulon Progo Trenggono di Kulon Progo, Sabtu, mengatakan Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) Sari Lele memiliki 10 anggota memiliki usaha mengolah mangut lele dan lele asap.

"Pada tahun ini, Unit Pengolahan Ikan (UPI) Poklahsar Sari Lele akan direhabilitasi menggunakan dana keistimewaan," kata Trenggono.

Ia mengatakan program rehabilitasi UPI Poklahsar Sari Lele meliputi program untuk membangun dapur pembuatan produk olahan menjadi lebih modern. Modern yang dimaksud adalah peralatan yang digunakan untuk membuat produk olahan mangut lele dan lele asap.

Selain itu, rehabilitasi dari segi bangunan akan dibuat tata kelola ruang dengan pintu yang dibuat satu arah.

Harapannya, agar produk dapat diolah di tempat yang bersih, higienis dan aman. Aman yang dimaksud adalah aman dari kontaminasi bakteri, tidak menggunakan pembungkus makanan yang membahayakan konsumen, dan tidak mengandung formalin serta pewarna.

"Rehabilitasi juga diharapkan mampu menghasilkan produk olahan yang bermutu sehingga produk dapat dikenal dengan branding yang baik," katanya.

Lebih lanjut, Trenggono mengatakan anggaran rehabilitasi diperoleh dari hibah dana keistimewaan (danais). Rencananya, program rehabilitasi ini akan dilaksanakan pada Maret 2024.

"Kami berharap usaha ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di Kalurahan Banaran dan sekitarnya," katanya.

Selain itu, ia mengatakan Poklahsar Sari Lele juga didaftarkan di Mbizmarket. Mbizmarket merupakan suatu platform bidang pengadaan atau e-procurement yang terdiri dari barang, peralatan, dan mesin.

Platform ini menyediakan kebutuhan pengadaan pada dunia usaha. Mbizmarket sangat membantu UMKM seperti poklahsar agar usaha kecil dapat berkembang secara meluas dan dikenal banyak orang.

"Dengan terdaftarnya Poklahsar Sari Lele di mbizmarket dapat menjadikan olahan produk perikanan seperti mangut lele dan lele asap dapat dikenal oleh banyak masyarakat serta menjadikan produk olahan tersebut sebagai olahan khas daerah Kulon Progo," katanya.