Master Setiawan: Matematika penting dalam perkembangan iptek

id matematika

Master Setiawan: Matematika penting dalam perkembangan iptek

Pimpinan LKP Matematika Indonesia Master Setiawan (ANTARA/HO-LKP MI)

Yogyakarta (ANTARA) - Pimpinan LKP Matematika Indonesia Master Setiawan mengatakan matematika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempunyai peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Mata pelajaran matematika selama ini menjadi momok yang menakutkan karena terkadang susah dipahami, apalagi metode yang diterapkan kurang menarik sehingga menjadikan anak-anak enggan dan susah untuk mencerna," katanya di Banjarnegara, Rabu.

Melihat kenyataan tersebut, LKP Matematika Indonesia bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara menggelar Seminar Nasional Matematika Indonesia yang diikuti kepala sekolah dan guru, Rabu.

Seminar dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara Drs Noor Tamami MPd yang mewakili Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono.

Bupati Banjarnegara dalam sambutan yang dibacakan Kadindikpora Kabupaten Banjarnegara mengatakan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan LKP Matematika Indonesia yang telah menfasilitasi dalam pengembangan metode pembelajaran matematika.

"Dengan kegiatan seminar ini semoga menjadi terobosan baru dalam mengatasi permasalahan khususnya matematika serta dapat mengubah pemahaman bahwa matematika bukan mata pelajaran yang mengerikan apalagi menakutkan tetapi merupakan mata pelajaran yang mengasyikkan, menyenangkan, dan mudah dipahami," katanya.

Seminar Nasional Matematika Indonesia itu dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dan menghindari kerumunan. Kegiatan tersebut dibagi menjadi beberapa gelombang mulai 23-24 Juni 2021.

Narasumber utama Master Setiawan menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan dan penguatan kompetensi mata pelajaran matematika khususnya bagi kepala sekolah dan guru di Kabupaten Banjarnegara. Selanjutnya ilmu yang telah diperoleh dapat diterapkan kepada siswa/siswinya di sekolah.

Ia menambahkan kegiatan ini akan dapat memberikan metode pembelajaran matematika dengan cara cepat, mudah, asyik, menyenangkan serta memberikan wawasan baru mengenai metode belajar matematika.

Filgia Rizki Aljanah SPd peserta dari SDN 2 Sumberejo Kecamatan Batur mengatakan materi yang diajarkan sangat menarik, menyenangkan, dan mengesankan. Materi sangat bermanfaat untuk diajarkan kepada siswa.

Ginanjar Husnul Azizah SPd peserta dari SDN 1 Ambal Kecamatan Karangkobar juga menyampaikan bahwa Master Setiawan menyajikan materi dengan sangat menyenangkan, sehingga peserta seminar tidak bosan dan tidak mengantuk. Ia berharap ke depan ada tindak lanjut.

Masitah SPd.SD Kepala Sekolah dari SDN 1 Singamerta Kecamatan Sigaluh yang juga peserta menyampaikan bahwa seminar matematika ini sangat berguna untuk membangkitkan motivasi belajar matematika pada peserta didik.

"Insya Allah peserta didik kami akan lebih senang belajar matematika," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar