Inspirasi film horor "Last Night in Soho"

id last night in soho,edgar wright

Inspirasi film horor "Last Night in Soho"

Sutradara Edgar Wright dan penulis skenario Krysty Wilson-Cairns dalam set "Last Night in Soho" (2021). (ANTARA/Focus Features/Parisa Taghizadeh)

Jakarta (ANTARA) - Sineas Edgar Wright mengungkapkan inspirasi di balik film horor-thriller terbarunya, "Last Night in Soho", yang resmi tayang di bioskop Indonesia mulai Rabu (3/11).

Mengutip keterangannya pada Kamis, Wright memiliki ide cerita tersebut lebih dari satu dekade yang lalu dan dengan cepat menyusun garis besar cerita secara berurutan.

Wright merekrut pemenang piala BAFTA Lucy Pardee ("Rocks"), untuk membantunya menyelam jauh ke dalam meneliti berbagai elemen cerita. Pardee mewawancarai orang-orang dari semua lapisan masyarakat yang tinggal dan bekerja di Soho pada tahun 60-an.

Informasi besar yang dia kumpulkan termasuk penelitian tentang industri seks, baik di masa lalu dan sekarang di pusat London, serta polisi yang berpatroli di daerah itu, hingga mahasiswa mode seperti tokoh utama film, Eloise.

Pardee juga meneliti mimpi buruk dan kelumpuhan tidur, pertemuan paranormal dan hantu, mimpi dan elemen lain yang pada akhirnya akan menginformasikan plot.



Saat Wright mencerna kekayaan informasi ini bersama dengan minatnya sendiri pada film dan musik tahun 60-an, detail cerita mulai terbentuk.

Sementara Wright tertarik pada ide untuk membuat film thriller tahun 60-an, sebuah misteri yang penuh dengan elemen horor dan gaya pertunjukan saat itu, ia juga ingin menceritakan kisah itu melalui lensa kontemporer.

"Ada dualitas dalam pengertian itu," jelas Wright.

"Seperti karakter Eloise, ada cinta untuk yang terbaik dekade ini. Ini adalah periode yang menarik: cara budaya berubah dari 1960 ke 1969 luar biasa, mungkin lompatan terbesar dalam dekade apa pun. Tetapi, ada juga ketakutan akan apa yang terjadi di bawah permukaan. Jika Anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk meromantisasi masa lalu, Anda bisa melewatkan bahaya yang ada di depan Anda," imbuhnya.

Selama waktu ini, dengan cerita yang dikembangkan sepenuhnya tetapi naskah yang belum ditulis, dan judul yang terinspirasi oleh lagu Dave Dee, Dozy, Beaky, Mick & Tich, Wright bertemu dengan temannya, penulis skenario Krysty Wilson-Cairns ("1917"). Wilson-Cairns rupanya pernah menjadi seorang pelayan di pub di Soho.

"Saya pindah ke London ketika saya berusia 22 tahun, seorang gadis muda dengan impian kota besar. Saya berasal dari tempat kecil, cukup terlindung, jadi saya sangat mengerti perjalanan itu," kata Wilson-Cairns.

"Cerita itu telah berfermentasi di kepala saya begitu lama. Itu hanya membutuhkan elemen yang hilang ini. Ada hal-hal yang Krysty tambahkan ke dalamnya yang membuat film ini, hal-hal yang tidak pernah terpikirkan oleh saya untuk ditulis sendiri," imbuh Wright.

Sutradara "Baby Driver" itu pun berharap, penonton yang menyaksikan film ini bisa mengikuti perjalanan Eloise yang penuh misteri dan menikmati gemerlap Soho di tahun 1960-an.

"Saat menulis tentang film tersebut, kami ingin semua orang yang melihatnya menemukan cerita bersama Eloise. Jadi, tolong, jika Anda bisa, jaga agar pengalaman itu tetap utuh untuk pemirsa di masa mendatang sehingga apa yang terjadi di 'Last Night in Soho', tetap berada di Soho," kata Wright.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024