Kompetisi roket tumbuhkan iptek digelar

id roket, kompetisi roket, roket smp

Kompetisi roket tumbuhkan iptek digelar

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz (dua dari kanan) menghadiri Lokakarya Kompetisi Roket di Aula Adipura, Kompleks Kantor Pemkot Magelang, Kamis (22/9/2022). ANTARA/HO-Bagian Prokompim Pemkot Magelang

Magelang (ANTARA) - Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah menggelar kompetisi roket terkendali tingkat SMP di daerah setempat tahun ini untuk mengembangkan budaya ilmu pengetahuan, terutama bagi generasi muda.

"Kita ingin mengenalkan lebih dalam bidang sains dan teknologi sebagai upaya membangkitkan minat dan bakat generasi muda dalam bidang kedirgantaraan," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Magelang Handini Rahayu dalam keterangan tertulis di Magelang, Jumat.

Ia menjelaskan pentingnya menumbuhkembangkan budaya iptek bagi masyarakat, khususnya minat generasi muda, terhadap bidang sains melalui imajinasi, percobaan, dan permainan dalam upaya mengembangkan sumber daya manusia (SDM), termasuk di antaranya lewat kompetisi itu.

Kompetisi Roket Terkendali tingkat SMP se-Kota Magelang rencana dilaksanakan pada 29 September 2022 di Lapangan Moch Soebroto Kota Magelang.



Ia mengharapkan kompetisi itu menjadi ajang memberikan apresiasi pelajar terhadap iptek, melalui suatu pembelajaran sains yang menyenangkan, mendukung kurikulum pendidikan sekolah khususnya bidang sains.

Selain itu, kata dia, untuk membangkitkan rasa percaya diri, daya saing, dan nasionalisme kepada generasi muda.

Rangkaian kompetisi diawali dengan lokakarya diikuti 100 peserta, meliputi 24 tim, di Aula Adipura, Kompleks Kantor Pemkot Magelang, Kamis (22/9).

Setiap tim terdiri atas tiga siswa dan satu pembimbing sekolah, serta satu pembimbing roket terkendali dari IST Akprind Yogyakarta. Peserta berasal dari SMP dan MTs, baik negeri maupun swasta, di Kota Magelang.

"Diawali dari 'workshop' (lokakarya) ini, ada transfer pengetahuan dilakukan oleh dosen dan mahasiswa IST Akprind Yogyakarta melalui pembimbingan di setiap sekolah yang ada di Kota Magelang," kata Handini.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkot Magelang gelar kompetisi roket untuk kembangkan budaya iptek
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024