Putin ambil alih PLTN Zaporizhzhia

id Presiden RusiaVladimir Putin,pembangkit listrik tenaga nuklirZaporizhzhia,perang Rusia Ukraina,pencaplokan wilayah Ukrai

Putin ambil alih PLTN Zaporizhzhia

Arsip--Presiden Rusia Vladimir Putin dalam  pertemuan lewat konferensi video bersama dengan CEO Gazprom Alexei Miller. (Biro Pers dan Informasi Kepresiden Rusia/www.kremlin.ru)

Moskow (ANTARA) - Presiden Rusia Vladimir Putin menandatangani dekret yang memerintahkan pemerintah untuk mengambil alih pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia dan properti lain yang diperlukan untuk operasional fasilitas tersebut.

Dalam dekret  terpisah, dia juga memerintahkan pemerintah untuk menerbitkan teks baru Konstitusi Rusia dengan amandemen jumlah wilayah.

Laman  Kremlin mengatakan kebutuhan itu muncul karena "penambahan empat wilayah baru ke Rusia."

Pada Rabu (5/10), Putin menyetujui ratifikasi masuknya wilayah Ukraina yaitu Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia, dan Kherson ke dalam Federasi Rusia.

Sehari sebelumnya, parlemen Rusia meratifikasi perjanjian tentang pencaplokan wilayah Ukraina.

Putin telah menandatangani perjanjian dengan otoritas separatis di wilayah Ukraina yang memisahkan diri untuk bergabung dengan Rusia, menyusul referendum yang diadakan pada 23-27 September 2022.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden Rusia tanda tangani dekret untuk ambil alih PLTN Zaporizhzhia
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024