Pelajar diedukasi lestarikan cagar budaya

id aceh,banda aceh,pemkab,daerah,pemda,ekonomi,masyarakat,pelajar,uptd

Pelajar diedukasi lestarikan cagar budaya

Disbudpar Aceh memberikan edukasi kepada pelajar di Banda Aceh cara merawat caga budaya di Banda Aceh, Rabu. (ANTARA/HO)

Banda Aceh (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh memberikan edukasi kepada pelajar di Banda Aceh terkait cara melestarikan dan membersihkan cagar budaya dan naskah kuno peninggalan sejarah di ibu kota Provinsi Aceh itu.

“Kegiatan edukasi yang kita lakukan ini merupakan bagian dari sosialisasi pelestarian cagar budaya batu nisan kepada para generasi muda di Banda Aceh khususnya,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Almuniza Kamal di Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan di Komplek Baperis dan Komplek Museum Aceh itu merupakan kolaborasi bersama Perhubungan Kodam Iskandar Muda (Hubdam IM), Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Aceh dan komunitas pecinta cagar budaya.

Ia mengatakan para pelajar mendapat edukasi langsung terkait cara membersihkan cagar budaya batu nisan dan naskah kuno peninggalan sejarah.
 

“Aceh banyak menyimpan sejarah dan rahasia-rahasia tentang keislaman dan dalam perjalanan panjangnya, berbagai bukti sejarahnya masih tersimpan. Alhamdulillah, di Bumi Serambi Mekkah ini bukti sejarah Aceh masih tersimpan, seperti dalam bentuk makam, bangunan masjid, batu nisan dan naskah-naskah kuno, masih tersimpan di Museum Aceh dan di beberapa masyarakat Aceh,” kata Almuniza didampingi Kepala UPTD Museum Aceh, Mudha Farsyah.


 

 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Disbudpar Aceh edukasi pelajar cara lestarikan cagar budaya