Ganjar perhatikan pulau terpencil saat kunjungi Banda Neira

id Ganjar Pranowo ,Pilpres 2024,Pemilu 2024,Kampanye Ganjar ,Kampanye capres

Ganjar perhatikan pulau terpencil saat kunjungi Banda Neira

Dokumentasi kunjungan Ganjar Pranowo ke Banda Neira, Selasa (30/1/2024). ANTARA/HO-TPN.

Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo berkomitmen untuk memberikan perhatian khusus untuk pulau-pulau terpencil saat berkunjung ke Banda Neira, pulau kecil di Provinsi Maluku yang memiliki keindahan alam sekaligus menyimpan sejarah perjuangan melawan penjajah.

Menurut Ganjar, potensi yang ada di Banda Neira harus mendapat perhatian, baik alam maupun sejarah dan budaya.

“Potensi pala harus terus dikembangkan karena ini punya catatan bagus. Selain itu, tempat-tempat bersejarah perlu dirawat dan dijaga lebih-lebih bisa dijadikan wisata,” kata Ganjar dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Selasa.

Capres yang berpasangan dengan Mahfud Md itu banyak mendapatkan masukan saat berdialog dengan masyarakat setempat.

“Di antaranya infrastruktur akses transportasi ke Banda Neira karena harus menyeberang laut atau udara. Rasa-rasanya pemerintah harus membantu itu,” ujarnya.

Mantan gubernur Jawa Tengah itu sebelumnya telah berkunjung di Pulau Nias di Sumatra Utara dan Pulau Rote di Nusa Tenggara Timur.

Kehadirannya Ganjar pada Selasa pagi mendapat sambutan antusias dari warga Banda Neira. Selain kalung bunga, Ganjar juga diberi hadiah buku “Tana Banda” berisi esai-esai tentang mitos, sejarah, sosial, budaya Pulau Banda Neira oleh tokoh masyarakat.

Pulau Banda Neira pernah menjadi pusat perdagangan pala dan fuli (bunga pala) dunia, dan satu-satunya pulau penghasil rempah yang bernilai tinggi itu hingga pertengahan abad ke-19. Itulah yang membuat bangsa Eropa kepincut untuk menguasai.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ganjar komitmen perhatikan pulau terpencil saat kunjungi Banda Neira
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024