KONI Pusat-UGM implementasikan DBON

id KONI PUsat,DBON,Marciano Norman,UGM,Implementasi DBON

KONI Pusat-UGM implementasikan DBON

Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman (kelima dari kiri) bersama jajaran dan pihak UGM menandatangi nota kesepahaman (MoU) dan perjanjian kerja sama (PKS) di Gedung Rektorat Kampus UGM, Yogyakarta, Selasa (15/11/2022). (ANTARA/HO-KONI Pusat)

Jakarta (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat menggandeng Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai upaya mengimplementasikan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu, Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman dan Wakil Rektor bidang Riset, Pengembangan Usaha dan Kerja Sama Ignatius Susatyo WijoyoRektor UGM mewakili Rektor Prof. Ova Emilia telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dan perjanjian kerja sama (PKS) di Gedung Rektorat Kampus UGM, Yogyakarta, kemarin.

"Dukungan perguruan tinggi terhadap olahraga itu merupakan satu hal yang sangat positif dan betul-betul ditunggu oleh KONI Pusat maupun pengurus cabang olahraga dan KONI provinsi seluruh Indonesia," kata Marciano.

Perguruan tinggi, lanjut Marciano, menjadi strategis karena kemampuan dalam mengembangkan sports science yang turut mengantarkan atlet pada performa terbaik.

Undang-undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan juga mengamanatkan perguruan tinggi mendukung pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi.

Pada sisi lain, Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat) juga dapat berkontribusi besar kepada peningkatan kualitas pembinaan olahraga di Tanah Air.

"Ke depan, kami harapkan dukungan Universitas Gadjah Mada ini akan mengantar atlet-atlet meraih cita-citanya mengibarkan Sang Merah Putih dan mengumandangkan Indonesia Raya pada setiap kemenangan di ajang yang mereka ikuti," ujar Marciano.

"Keterlibatan UGM diharapkan mampu mendukung prestasi atlet Indonesia di kancah dunia. Sasaran kita ini melalui Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) adalah masuk peringkat 5 besar Olimpiade menjelang 100 tahun kemerdekaan Indonesia," kata Marciano menambahkan.

Lebih dari itu, atlet Indonesia pun berhak mendapatkan pendidikan dan mengejar cita-citanya usai pensiun sebagai atlet.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KONI Pusat gandeng UGM untuk implementasikan DBON
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024