Forkopimda Bantul memantau pospam pastikan pengamanan Tahun Baru 2023

id Pemantauan Posko ,Pengamanan Tahun Baru ,Bupati Bantul

Forkopimda Bantul memantau pospam pastikan pengamanan Tahun Baru 2023

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih saat memantau Posko Pengamanan (Pospam) Druwo, di simpang empat Druwo, Jalan Parangtritis, Bantul, DIY, Sabtu (31/12/2022) sore (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memantau Posko Pengamanan (Pospam) untuk memastikan kesiapan personel dalam pengamanan perayaan malam pergantian tahun baru hingga libur awal Januari 2023.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih usai memimpin pemantauan Pospam di Druwo, Bantul, Sabtu sore, mengatakan hari ini dan beberapa hari ke depan saat Tahun Baru 2023 terjadi kenaikan volume kendaraan dan kenaikan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bantul.

"Ini berkonsekuensi adanya lalu lintas yang semakin 'crowded', maka diperlukan posko-posko untuk mengatasi crowded nya lalu lintas maupun kemungkinan - kemungkinan yang terjadi termasuk misalnya dilakukan rekayasa lalu lintas," katanya.

Ada beberapa Pospam yang didirikan di wilayah Bantul dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru, yaitu di Pos Druwo, Pos Piyungan (Jalan Wonosari), Pos Parangtritis (kawasan wisata) dan Pos Klangon Sedayu (Jalan Wates).

"Di samping itu posko-posko ini juga menjadi posko informasi bagi wisatawan yang kebingungan atau yang mencari informasi tentang tempat-tempat yang akan dituju," katanya.

Bahkan, kata Bupati, posko tersebut juga berfungsi untuk melakukan pertolongan manakala wisatawan itu memerlukan pertolongan apapun yang mungkin bisa di petugas maupun aparat pemerintah yang ditempatkan di posko pada ruas jalan raya itu

"Ini bagian dari pelayanan kita kepada masyarakat, maka kita melakukan sinergi Forkopimda, TNI, polisi ditambah relawan-relawan ada RAPI, Paksikaton, FPRB dan beberapa relawan yang lain, ini ada beberapa posko di Bantul yang akan kita kunjungi semua," katanya.

Meski demikian, Bupati Bantul tetap mengimbau semua masyarakat yang merayakan tahun baru di Bantul agar melakukan kegiatan sesuai ketentuan dan tidak mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Saya mengimbau masyarakat dari manapun berasal untuk tertib berlalu lintas dan gunakanlah waktu liburan tahun baru ini dengan tertib, disiplin tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang menambah ketidaknyamanan kita berlibur di tahun baru," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024