22 pegiat pelindungan WNI raih penghargaan HWPA

id Pelindungan WNI

22 pegiat pelindungan WNI raih penghargaan HWPA

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno LP Marsudi (tengah bawah) bersama para pemenang HWPA 2022, di Jakarta, Senin (9/1/2022). ANTARA/Katriana

Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno LP Marsudi menganugerahkan penghargaan Hassan Wirajuda Pelindungan Award (HWPA) kepada 22 pegiat pelindungan warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri.

"Pemerintah Indonesia memberikan apresiasi kepada para pelindung WNI di luar negeri yang telah bekerja keras 'beyond the call of duty'," kata Menteri Retno di Malam Penganugerahan Hassan Wirajuda Pelindungan Awards di Jakarta, Senin.

Menlu Retno berharap apresiasi tersebut dapat menginspirasi semua pemangku kepentingan untuk terus memperkuat perlindungan bagi WNI, mengingat jumlah kasus yang terus bertambah dari tahun ke tahun.

Penghargaan pada HWPA 2022 diberikan kepada 22 penerima dari tujuh kategori, baik individu dan institusi, dari kalangan pemerintah, mitra kerja pemerintah, masyarakat madani hingga jurnalis/media.

Proses penjurian HWPA 2022 berlangsung sejak Oktober 2022 dan dilakukan terhadap 75 kandidat yang dinominasikan secara terbuka oleh instansi dan masyarakat.

Total 22 penerima HWPA 2022 dipilih berdasarkan penilaian terbaik karena kontribusi signifikan mereka dalam upaya pelindungan terhadap WNI di luar negeri melampaui kewajiban profesional mereka.

Selain itu, para pemenang juga dipilih karena dinilai telah berkontribusi secara aktif dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran publik terhadap isu pelindungan WNI secara berkesinambungan dan/atau menciptakan sistem/kebijakan/program yang bersifat inovatif atau terobosan di bidang pelindungan WNI.

Sementara itu, beberapa dari 22 pemenang HWPA 2022 antara lain adalah Duta Besar LBBP RI di Port Moresby, Papua Nugini, Andriana Supandy, Duta Besar LBBP RI di Kuala Lumpur, Malaysia, Hermono, dan Mantan Duta Besar RI di Kyiv, Ukraina, Ghafur Akbar Dharmaputra (Alm) dalam kategori kepala perwakilan RI.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sebanyak 22 pegiat pelindungan WNI dapat anugerah HWPA