Warga Jepang ikuti Indonesia Islamic Cultural Festival

id WNI,festival Indonesia,Muslim Jepang,Islam,Ramadhan

Warga Jepang ikuti Indonesia Islamic Cultural Festival

Warga Jepang mengikuti kajian ustaz Kyoichiro Sugimoto dalam Indonesia Islamic Cultural Festival di Balai Indonesia, Minggu (31/3). (ANTARA/ Juwita Trisna Rahayu)

Tokyo (ANTARA) - Warga Jepang baik Muslim maupun non-Muslim berbaur dengan diaspora Muslim mengikuti kajian Islam dan buka bersama dalam ajang Indonesia Islamic Cultural Festival di Balai Indonesia, Sekolah Republik Indonesia Tokyo, Minggu (31/3).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Keluarga Masyarakat Muslim Indonesia (KMII) Jepang itu menghadirkan ustaz Jepang Kyoichiro Sugimoto, penyanyi nasyid Jepang Yusha dan penampilan tari piring asal Sumatra Barat.

Dalam pemaparannya, Ustaz Sugimoto menjelaskan tentang ilmu tauhid sebagai fondasi dasar keislaman dan pentingnya melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.

“Alhamdulillah banyak warga Jepang non-Muslim yang datang. Saya ingin menyampaikan terkait kalimah tayyibah, ‘Laa ilaha ilallah Muhammadar rasulullah’ yang merupakan prinsip dasar Islam sebab banyak orang Jepang yang tidak paham itu,” katanya.

Ustaz Sugimoto mengaku sebisa mungkin menjelaskan secara logis konsep keberadaan Tuhan kepada warga negeri Sakura itu yang sangat kuat berpikir dalam tataran logika.

“Saya selalu menggunakan logika untuk memahami keberadaan Allah. Meskipun kita tidak dapat melihat-Nya, kita dapat membuktikannya ada secara logika,” katanya.

Dia juga menjelaskan terkait manfaat puasa yang sangat baik untuk kesehatan.

Acara juga diisi oleh penyanyi nasyid Jepang, Yusha, yang dikenal dengan lagu-lagunya yang bernuansa Islami serta menyanyikan ulang lagu religi dan salawat dalam bahasa Jepang.

Bersama istrinya Yumiko, dia membawakan lagu penyanyi religi kenamaan Indonesia, Opick, yakni Ramadhan Tiba yang diterjemahkan menjadi Ramadhan Kita.

Selain itu, Yusha juga membawakan salawat badar dalam Bahasa Jepang dan lagu "Amantu Billahi".

Penampilan tari piring asal Sumatra Barat dari grup Duta Melati juga mendapatkan tepuk tangan yang meriah dari penonton.

 

Warga Jepang mengikuti buka puasa bersama di Balai Indonesia, Minggu (31/3). (ANTARA/ Juwita Trisna Rahayu
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Berbaur dengan WNI, warga Jepang ikuti kajian Islam dan buka bersama
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024