Sleman alokasikan anggaran Rp7 miliar untuk pemberdayaan lansia

id Bupati Sleman ,Penduduk lansia Sleman ,Lansia Sleman ,Anggaran lansia Sleman ,Kabupaten Sleman ,Sleman ,Lansia

Sleman alokasikan anggaran Rp7 miliar untuk pemberdayaan lansia

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo. ANTARA/Victorianus Sat Pranyoto

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada 2023 mengalokasikan anggaran untuk perlindungan dan pemberdayaan warga lanjut usia (lansia) di daerah itu sebesar Rp7 miliar.

"Anggaran tersebut di antaranya untuk bantuan pangan dan sandang bagi lansia," kata Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo pada diskusi pemangku kepentingan dan diseminasi studi komparatif perawatan lansia di University Club, Universitas Gadjah Mada Sleman, Selasa.

Diskusi ini diselenggarakan atas kerja sama SurveyMETER, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta dan University of Southampton, United Kingdom.

Kustini menyambut baik serta mengapresiasi acara tersebut dan berharap kegiatan ini dapat menghasilkan rekomendasi bagi para pemangku kepentingan yang nantinya berguna untuk penetapan kebijakan perawatan penduduk lansia.

"Terlebih informasi yang disampaikan pada kesempatan ini merupakan hasil dari penelitian, sehingga tentunya informasi yang disampaikan bersifat komprehensif yang berdasar pada kondisi riil di lapangan," katanya.

Baca juga: Yogyakarta canangkan vaksinasi penguat kedua bagi warga lansia

Kustini mengatakan, agar lansia dapat beraktivitas dan menjalani kehidupan dengan baik, Pemkab Sleman juga telah menetapkan sejumlah kebijakan.

"Dalam hal pelayanan publik, Pemkab Sleman memiliki inovasi layanan sosial berupa 'Layanan Antar Rumah' atau N(G)ANTAR PAIMAH, yakni Program pelayanan sosial yang memudahkan warga telantar, lansia dan difabel yang terkendala transportasi dalam mengakses layanan publik," katanya.

Menurut dia, dalam hal bantuan sosial, Pemkab Sleman menyalurkan sejumlah bantuan bagi penduduk lansia terlantar berdasarkan Keputusan Bupati Sleman 2.22/Kep.KDH/A/2022 tentang Penerima Bantuan Sosial Berupa Uang Kebutuhan Dasar Sandang dan Pangan berupa Uang Jaminan Sosial Bagi Lanjut Usia Terlantar pada Dinas Sosial TA 2022.

"Kami juga memastikan penduduk lansia di Kabupaten Sleman dapat dengan mudah mengakses pelayanan kesehatan," katanya.

Ia mengatakan pada 2023 Pemkab Sleman telah mengalokasikan anggaran pelayanan kesehatan bagi lansia sebesar Rp336,942 juta lebih.

"Kami targetkan agar pelayanan kesehatan lanjut usia dapat mencapai 100 persen. Kami berkomitmen untuk menjadikan Sleman sebagai Rumah Bersama bagi seluruh elemen masyarakat. Untuk itu kami berupaya mencapai visi tersebut diantaranya melalui pemenuhan fasilitas dan pelayanan bagi masyarakat," katanya.



 Baca juga: Yogyakarta menyalurkan asistensi sosial untuk lansia

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkab Sleman alokasikan anggaran Rp7 miliar untuk pemberdayaan lansia
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024