Master Setiawan sampaikan pembelajaran matematika menyenangkan di Cilacap

id matematika

Master Setiawan sampaikan pembelajaran matematika menyenangkan di Cilacap

Master Setiawan menyampaikan pembelajaran matematika yang menyenangkan di Aston Inn Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (12/01/2023) (ANTARA/HO-MS)

Yogyakarta (ANTARA) - Direktur Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Matematika Indonesia Setiawan SM, M.Si yang akrab disapa Master Setiawan menyampaikan pembelajaran matematika yang menyenangkan kepada para pendidik di Cilacap, Jawa Tengah.

"Matematika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempunyai peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi," katanya pada Seminar Nasional Matematika Indonesia di Aston Inn Cilacap, Kamis (12/1).

Namun, menurut Master Setiawan, matematika selama ini menjadi mata pelajaran yang menakutkan dan ditakuti oleh sebagian siswa. Banyak siswa kesulitan ketika mengerjakan soal-soal matematika, sehingga nilai di sekolah dan madrasah kurang memuaskan.

Seminar yang diselenggarakan LKP Matematika Indonesia itu diikuti oleh 307 peserta, baik kepala madrasah maupun guru madrasah di jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap.

Narasumber utama seminar tersebut adalah Master Setiawan, yang menyampaikan berbagai metode belajar matematika yang mudah, asyik, dan menyenangkan serta berbagai trik mudah memecahkan soal-soal matematika.

Seminar berlangsung cukup meriah dan menyenangkan dengan adanya lagu-lagu tentang matematika.

Pada kesempatan itu, Master Setiawan berharap materi yang disampaikan dapat meningkatkan kompetensi para guru serta menambah wawasan berhitung.

"Saya berharap materi yang disampaikan bisa meningkatkan kompetensi bapak/ibu kepala dan guru madrasah khususnya di jajaran Kankemenag Kabupaten Cilacap, menambah wawasan berhitung, serta menjadi bekal untuk mengikuti Kompetisi Sains Madrasah ke depan," ucapnya.

Kegiatan itu juga dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap H Imam Tobroni.

Dalam sambutannya, Imam Tobroni menyampaikan apresiasi atas upaya yang dirintis oleh Master Setiawan untuk menularkan ilmunya. 

"Saya memberikan apresiasi dan rasa bangga atas upaya yang dirintis oleh Master Setiawan ini yang hadir untuk menularkan ilmunya. Bagaimana cara berhitung dengan cepat, mudah, dan menyenangkan," katanya.

Menurut dia, guru sekarang dituntut oleh zaman untuk tidak boleh selesai mencari pengetahuan dan berliterasi. Matematika menjadi ilmu yang banyak disakralkan peserta didik, menjadi mata pelajaran yang dianggap momok dan menyulitkan.

"Padahal, ilmu ini menjadi pembuka atas ilmu pengetahuan lainnya. Dengan hadirnya Master Setiawan menjadikan matematika menjadi ilmu yang dicintai karena belajarnya menyenangkan," ucap Imam Tobroni.

Peserta tampak antusias mengikuti materi yang dipaparkan oleh Master Setiawan. Salah satu peserta dari MAN 1 Cilacap Uci Atria mengatakan ilmu yang disampaikan oleh Master Setiawan luar biasa. 

"Saya mengikuti Seminar Nasional Matematika Indonesia dari Master Setiawan, ilmu yang luar biasa, ilmu yang sangat baik sehingga saya bisa menyalurkan ilmunya ke anak didik saya nantinya di MAN 1 Cilacap. Semoga ke depannya semakin hebat, semakin berkembang, dan semakin maju," ujar Uci.

Tampak hadir pada seminar tersebut Kasubbag TU, Kasi Penmad, dan Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, serta tamu undangan lainnya.