KemenPUPR dan Pemkab Bantul lakukan uji coba fungsional Jembatan Kretek II

id Jembatan Kretek II ,Uji coba fungsional ,Ikon Bantul

KemenPUPR dan Pemkab Bantul lakukan uji coba fungsional Jembatan Kretek II

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih beserta jajaran bersama PPK Jembatan Kretek II Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR membuka penyekat sebagai dimulainya uji coba fungsional jembatan tersebut di Kabupaten Bantul, DIY, Selasa (31/1/2023) (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Bina Marga bersama Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan uji coba fungsional Jembatan Kretek II yang membentang di atas Sungai Opak di Kecamatan Kretek.

"Hari ini saya bersama PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) Jembatan Kretek II telah membuka jembatan ini untuk uji coba fungsional, dengan demikian kendaraan sudah diperbolehkan melintasi jembatan," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih seusai membuka Jembatan Kretek II di Bantul, Selasa.

Menurut dia, meski Jembatan Kretek II sudah boleh dilintasi kendaraan, namun pemerintah tetap memantau perkembangan lalu lintas di atas jembatan yang menghubungkan Desa Tirtohargo dan Desa Parangtritis ini bisa berjalan dengan baik.

"Saya mengimbau masyarakat di sekitar Jembatan Kretek ini untuk turut merawat, jangan gunakan bahu jalan ini untuk aktivitas ekonomi, karena di samping berbahaya juga akan mengurangi estetika," katanya.



Terlebih, kata Bupati, keartistikan Jembatan Kretek II yang sudah menjadi ikon Kabupaten Bantul sebagai salah satu bangunan yang megah, yang bahkan menjadi salah satu objek wisata di Bantul.

"Kami akan terus menata kawasan ini, sehingga kawasan Jembatan Kretek II ini akan menjadi salah satu bangkitan ekonomi di Kabupaten Bantul dan DIY," katanya.

Oleh karena itu, kata Bupati, pemerintah akan menyediakan sarana dan prasarana untuk mendukung wisata di sekitar jembatan tersebut, dan tentu di tempat yang lebih representatif, memadai, dan juga aman.

"Jangan gunakan, jangan manfaatkan bahu jalan apalagi di dalam jembatan ini untuk aktivitas ekonomi jualan dan sebagainya. Pemkab Bantul mengapresiasi  Kementerian PUPR yang terus menyempurnakan infrastruktur jalan di wilayah kabupaten ini," katanya.



Sementara itu, PPK Jembatan Kretek II Julian Situmorang mengatakan, uji coba fungsional Jembatan Kretek II dengan panjang sekitar dua kilometer, empat lajur dua arah ini bertujuan untuk melihat jembatan ini dalam melayani pengguna jalan.

"Harapan kita, pengguna jalan tetap berhati hati, patuhi rambu rambu yang telah kami siapkan, jangan berhenti di atas jembatan, jangan ada kegiatan ekonomi di rumaja (rumah manfaat jalan), hingga dapat membahayakan baik pengguna, penjual, maupun yang melintas," katanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KemenPUPR dan Pemkab Bantul uji coba fungsional Jembatan Kretek II
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024