WBP dan klien pemasyarakatan Yogyakarta unjuk kemampuan dalam "Kumham Goes to Campus 2023" di UGM

id kanwil kememkumham DIY

WBP dan klien pemasyarakatan Yogyakarta unjuk kemampuan dalam "Kumham Goes to Campus 2023" di UGM

Kumham Goes To Campus yang digelar di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada, Jumat (10/3) (kanwilkumham DIY)

Yogyakarta (ANTARA) - Kementerian Hukum dan HAM menggelar kegiatan Kumham Goes To Campus di Universitas Gadjah Mada (UGM). 

Pada kegiatan tersebut, Kanwil Kemenkumham DIY juga menghadirkan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), yaitu narapidana dan klien Pemasyarakatan untuk menampilkan kemampuan hasil pembinaan dan pembimbingan oleh petugas Pemasyarakatan di Yogyakarta.

Kumham Goes To Campus yang digelar di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada, Jumat (10/3) merupakan program untuk sosialisasi UU KUHP serta RUU Paten dan Desain Industri kepada para mahasiswa, aparat penegak hukum (APH), hingga forkopimda. 

Hadir secara langsung Wakil Menteri Hukum dan HAM RI Edward Omar Sharief Hiariej sebagai keynote speaker.

Jajaran Pemasyarakatan turut mendukung dan memeriahkan kegiatan ini dengan menghadirkan hasil karya WBP. Tak hanya itu, para WBP dari Lapas Perempuan Kelas IIB Yogyakarta juga unjuk kemampuan membatik secara langsung, WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Yogyakarta membuat kerajinan kulit, dan klien Pemasyarakatan dari Bapas Kelas IIA Yogyakarta membuat anyaman bambu yang disaksikan dengan antusias oleh para pengunjung booth Kumham Goes To Campus.

Pameran hasil karya WBP dari Lapas, Rutan, dan Bapas merupakan upaya Kanwil Kemenkumham DIY untuk memperkenalkan serta mempromosikan kepada masyarakat hasil pembinaan yang telah dilakukan. Dengan demikian diharapkan akan semakin banyak pula hasil karya yang terjual, sehingga akan menambah semangat WBP untuk mengikuti program pembinaan serta pembimbingan.

Sebagai bentuk dukungan, Wamenkumham yang juga kerap disapa Eddy ikut melihat langsung stand pameran dari Kanwil Kemenkumham DIY. Eddy yang didampingi para Pimti Pratama Kanwil Kemenkumham DIY juga mencicipi salah satu produk WBP, yaitu Bakpia Mbah Wiro 378.

"Bakpianya enak," kata Eddy sembari tersenyum.

Kumham Goes To Campus ini telah dilaksanakan di sejumlah kota di Indonesia dan masih akan berlanjut sepanjang tahun seluruh di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM. Pada kesempatan kali ini, selain Wakil Menteri Hukum dan HAM RI, Kumham Goes to Campus juga menghadirkan narasumber lain, di antaranya Plt Direktur Jenderal HAM Dhahana Putra, Guru Besar FH UI Prof Topo Santoso, Guru Besar FH UGM Prof Marcus Priyo Gunarto, serta Deputi V Kantor Staf Presiden Jaleswari Pramodhawardani.