Praktisi: Matematika berperan penting dalam perkembangan iptek

id matematika,iptek

Praktisi: Matematika berperan penting dalam perkembangan iptek

Pemilik Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Matematika Indonesia Setiawan SM, MSi (ANTARA/HO-LKPMI)

Yogyakarta (ANTARA) - Pemilik Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Matematika Indonesia Setiawan SM, MSi mengatakan matematika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempunyai peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

Oleh karena itu, LKP Matematika Indonesia kembali menggelar Seminar Nasional Matematika Indonesia Sesi 2 yang diikuti oleh kepala sekolah/madrasah dan guru di Braling Grand Hotel by Azana Purbalingga, Jawa Tengah, pada Sabtu (18/3).

Siaran pers yang diterima di Yogyakarta, Minggu, menyebutkan hadir langsung sebagai narasumber Setiawan SM, MSi, yang menyampaikan bahwa  seminar itu bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para peserta.

"Acara Seminar Nasional Matematika Indonesia Sesi 2 ini merupakan lanjutan dari seminar sebelumnya. Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan nilai manfaat kepada peserta khususnya peningkatan kompetensi di bidang matematika," kata Setiawan.

Peserta seminar merupakan kepala sekolah/madrasah dan guru yang berasal dari berbagai daerah, di antaranya Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, dan Kabupaten Banyumas. 

Peserta tampak antusias mengikuti paparan dari Setiawan selaku narasumber utama pada acara tersebut. Berbagai metode berhitung matematika dihadirkan termasuk beberapa lagu yang dinyanyikan dan diikuti oleh para peserta untuk memberikan semangat serta suasana menyenangkan. 

Setiawan menambahkan, dengan kegiatan seminar ini semoga menjadi terobosan baru dalam mengatasi permasalahan khususnya matematika serta dapat mengubah pemahaman bahwa matematika bukan mata pelajaran yang mengerikan apalagi menakutkan tetapi merupakan mata pelajaran yang mengasyikkan, menyenangkan, dan mudah dipahami.