Ponpes harus mampu cetak santri unggul kuasai iptek

id Wapres, santri unggul, Ma'ruf Amin

Ponpes harus mampu cetak santri unggul kuasai iptek

Wapres RI Ma'ruf Amin memberikan pengarahan dalam Haul Masyayikh, Wisuda Purna Siswa, Hari Jadi ke-28, dan peresmian Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam serta rumah susun Ponpes Al Anwar di Bangkalan, Pulau Madura, Jawa Timur, Kamis (31/8/2023). (ANTARA/Indra Arief Pribadi) (ANTARA/Indra Arief Pribadi)

Bangkalan, Jawa Timur (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin meminta pondok pesantren menyiapkan santri unggul yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) guna menghadapi tantangan zaman bagi umat Islam yang semakin kompleks.

"Jadi Allah menyediakan sumber daya alam yang banyak, Allah (menyediakan) adanya kegiatan ekonomi. Tapi kita harus menyiapkan sumber daya manusianya yang memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata Wapres Ma’ruf ketika meresmikan Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam Ponpes Al Anwar, Bangkalan, Pulau Madura, Jawa Timur, Kamis.

Dalam acara yang bersamaan dengan Haul Masyayikh, Wisuda Purna-Siswa dan Hari Jadi Ponpes Al Anwar Ke-28 serta peresmian Rumah Susun Al Anwar tersebut, Ma'ruf meminta pondok pesantren (ponpes) untuk sigap dalam mengikuti perkembangan pengetahuan dan teknologi. Hal ini penting karena dua hal tersebut merupakan prasyarat untuk menciptakan SDM berkualitas yang menjadi kunci bagi kemajuan dan kemakmuran.

“Jadi tambah ilmu pengetahuan, sebab nanti itu ada semacam punya nilai tambah. Oleh karena itu, saya kira ini tepat sekali adanya Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam akan memberikan ilmu pengetahuan yang dalam untuk bisa mengelola secara lebih profesional dan inovatif,” ujarnya.

Wapres menekankan bahwa santri harus menjadi sosok yang menguasai agama dan melakukan pembaruan. 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wapres minta pesantren siapkan santri unggul kuasai iptek
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024