Bawaslu Kulon Progo melakukan pembinaan aparatur pengawas Pemilu 2024

id Bawaslu Kulon Progo,Kulon Progo ,Pemilu 2024

Bawaslu Kulon Progo melakukan pembinaan aparatur pengawas Pemilu 2024

Ketua Bawaslu Kulon Progo Ria Harlinawati. (ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan pembinaan aparatur pengawas Pemilu 2024 untuk membangun karakter dan kapasitas pengawas pemilu.

Ketua Bawaslu Kulon Progo Ria Harlinawati di Kulon Progo, Senin, mengatakan materi dalam pembinaan aparatur pengawas pemilu, seperti tata cara pembinaan dan pengawasan kinerja pengawas pemilu hingga penegakan kode etik dan pedoman perilaku penyelenggara pemilu, serta kemampuan berbicara di depan umum meliputi seni, kecakapan, dan etiket berkomunikasi.

"Pembinaan aparatur pengawas pemilu bertujuan agar jajaran Bawaslu Kulon Progo dan panwaslu kecamatan serta panwaslu desa/kalurahan memahami terkait kode etik penyelenggara pemilu sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas," katanya.

Ia juga berharap dengan pembinaan ini, jajarannya dapat berpedoman pada etika penyelenggara pemilu dalam bertugas, dan jajaran pengawas pemilu juga harus memiliki kemampuan lain yang menunjang dalam pelaksanaan tugas pengawasan.

“Salah satu kemampuan yang menunjang tugas adalah kemampuan berbicara di depan umum agar pengawas pemilu mampu melakukan pencegahan dengan sosialisasi kepada seluruh pihak sehingga pesan-pesan bisa tersampaikan dengan baik,” katanya.

Sementara itu, anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi mengatakan penyelenggara pemilu wajib bekerja berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta mematuhi kode etik dan pedoman perilaku penyelenggara pemilu dalam melaksanakan wewenang, tugas, dan kewajibannya.

“Penegakan kode etik dan pedoman perilaku penyelenggara pemilu sangat penting untuk membangun kepercayaan publik kepada penyelenggara pemilu, serta terhadap pemilu itu secara keseluruhan,” katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024