Meski persiapan SEA Games 2023, Zohri tetap puasa

id PB PASI,Lalu Muhamamd Zohri,Zohri,Sea games,SEA Games Kamboja,SEA Games 2023,Atletik,Emas,Paris

Meski persiapan SEA Games 2023, Zohri tetap puasa

Sprinter Lalu Muhammad Zohri terus melakukan persiapan menuju SEA Games XXXII/2023 di Phnom Penh, Kamboja dengan berlatih di Stadion Madya GBK, Senayan, Jakarta, Selasa (28/3/2023). (ANTARA/Muhammad Ramdan)

Jakarta (ANTARA) - Sprinter putra Indonesia Lalu Muhammad Zohri tetap menjalankan ibadah puasa Ramadhan di tengah persiapan menuju SEA Games 2023 di Phnom Penh, Kamboja, 5-17 Mei.

Menurut Zohri, latihan di lapangan bukan menjadi halangan untuk menjalankan kewajiban berpuasa yang menjadi salah satu dari lima rukun Islam tersebut. Dia pun bertekad untuk bisa menjalankan puasa selama satu bulan penuh.

"Sejauh ini bersyukur masih tetap bisa menjalankan ibadah puasa. Tidak ada kendala berarti karena jadwal latihan juga ada penyesuaian selama Ramadhan," ujar Zohri kepada pewarta usai berlatih di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Selasa.

Guna memaksimalkan latihan sembari berpuasa, Zohri menyiasatinya dengan santap sahur makanan bergizi tinggi.



"Saat sahur saya lebih banyak makan daging dan karbohidrat agar tubuh saya lebih kuat. Memang perbedaan lari saat berpuasa, tubuh lebih capek karena selama berjam-jam tidak makan dan minum," kata Zohri menambahkan.

Jika biasanya latihan dilakukan pagi dan sore di lapangan, Zohri dan kawan-kawan di bawah bimbingan pelatih Eni Nuraeni selama Ramadhan melakukan sejumlah penyesuaian.

"Saat ini latihan tetap dilakukan pagi dan sore. Tapi paginya kami berlatih di hotel atau di kolam. Sorenya baru kami berlatih di lapangan," kata Zohri menegaskan.

Pria asal Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat itu terus menempa diri demi meraih hasil maksimal pada pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara edisi ke-32 di Kamboja.

Dia pun mengungkapkan sejauh ini tak ada kendala berarti selama berlatih. Kondisi tersebut berbeda dengan tahun lalu ketika dalam persiapan menghadapi SEA Games 2021 di Vietnam.

Kala itu, Zohri hanya finis keenam dengan catatan waktu 10,59 detik. Emas menjadi milik Puripol Boonson dari Thailand dengan 10,44 detik. Lalu perak juga diraih wakil Negeri Gajah Putih Soraoat Dapbang dengan 10,56 detik dan perunggu menjadi milik sprinter Singapura Marc Brian Louis dengan 10,56 detik.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Zohri tetap berpuasa di tengah persiapan SEA Games 2023 Kamboja
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024