Polres Bantul melibatkan relawan jaga situasi kondusif perayaan Paskah

id Apel Pengamanan Paskah ,Polres Bantul ,Pelibatan relawan Bantul

Polres Bantul melibatkan relawan jaga situasi kondusif perayaan Paskah

Apel Kesiapan Pengamanan Paskah bersama relawan di halaman Gereja Klodran Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (6/4/2023) (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melibatkan para relawan yang tergabung dalam beberapa komunitas untuk menjaga situasi yang kondusif selama pelaksanaan ibadah dan perayaan Paskah tahun 2023 di gereja-gereja kabupaten ini.

"Relawan ini kami libatkan untuk bersama-sama kami menjaga jalannya Paskah dengan aman, pastinya di setiap gereja dimana ada polisinya di situ juga ada relawan," kata Wakil Kepala Kepolisian Resor (Wakapolres) Bantul Kompol Sancoko Punjung Seksono usai Apel Kesiapan Pengamanan Paskah di Gereja Klodran Bantul, Kamis.

Menurut dia, pengamanan perayaan Paskah di gereja baik dilakukan dengan penempatan personel polisi dan relawan di dalam lingkungan gereja maupun sisi luar tempat ibadah tersebut.

"Dari polisi kita yang diterjunkan sebanyak 860 personel kita siapkan untuk pengamanan di Bantul sendiri, kemudian kalau jumlah relawan sekitar 300 an orang, sehingga totalnya sampai 1.100 personel," katanya.

Dia mengatakan, keterlibatan relawan dalam menjaga kondusifitas selama rangkaian perayaan Paskah selain untuk menepis isu intoleransi, juga menunjukkan kepada masyarakat bahwa Kabupaten Bantul ini baik baik saja.

"Kita ini baik baik saja, tidak seperti yang dibicarakan di luar, kita hubungan kita harmonis tidak segeger apa yang mereka dengar, kalau mereka datang lihat sendiri ke Bantul kita itu kita harmonis, baik baik saja," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, setidaknya ada empat gereja besar di wilayah Bantul yang menjadi perhatian dan fokus pengamanan, namun semua gereja yang melaksanakan Paskah tetap ada personel polisi dan relawan yang mengamankan.

"Personel per gereja dilihat besar atau kecilnya, kemudian lihat dari jemaatnya banyak atau tidak, bila banyak kita sesuaikan jumlah personel akan banyak, karena terkait keamanan parkir kenyamanan saat beribadah, kita harus memastikan keamanan di situ," katanya.

Pihaknya juga berharap, personel yang sudah dipersiapkan untuk mengamankan rangkaian perayaan Paskah di gereja agar melaksanakannya dengan penuh rasa tanggung jawab.

"Lakukan koordinasi yang baik dengan pengurus atau pimpinan jemaat pada setiap gereja. Semoga pengamanan berjalan lancar, dan perayaan Paskah dapat berjalan aman dan kondusif," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024