Polres Kulon Progo sita bubuk mesiu hasil Operasi Pekat 2023

id Operasi pekat,Polres Kulon Progo,Kulon Progo

Polres Kulon Progo sita bubuk mesiu hasil Operasi Pekat 2023

Kapolres Kulon Progo AKBP Nunuk Setiyowati. (Kulon Progo)

Kulon Progo (ANTARA) - Kepolisian Resor Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyita bubuk mesiu dan ratusan botol minuman keras hasil selama Operasi Pekat 2023 yang berlangsung  27 Maret-5 April 2023.

Kapolres Kulon Progo AKBP Nunuk Setiyowati di Kulon Progo, Senin, mengatakan selama operasi pekat, personel menyita beberapa barang bukti berupa bubuk mesiu seberat 10,3 kilogram, 147 selongsong mercon, 167 knalpot brong, dan 351 botol minuman keras.

"Untuk kasus peredaran minuman keras sudah maju ke persidangan," kata Nunuk.

Ia mengatakan bubuk mesiu yang disita merupakan milik perorangan. Jajaran Polres Kulon Progo berkomitmen menegakkan hukum terkait tindakan-tindakan hukum.

"Dalam penegakan hukum, kami menganut asas penegakan hukum merupakan langkah terakhir, setelah dilakukan preemtif dan preventif namun belum berhasil," katanya.

Sebelumnya, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan mengimbau masyarakat yang hendak mudik agar melapor ke rukun tetangga (RT) setempat.

Setelah masyarakat melapor kepada RT setempat, katanya, akan membuat lis. Selanjutnya, lis akan diserahkan kepada bhabinkamtibmas setempat untuk dilaporkan ke polsek masing-masing. Hal ini untuk mengantisipasi kejahatan saat Lebaran 2023.

"Bagi pemudik yang akan meninggalkan Yogyakarta agar melaporkan kepada RT bahwa rumahnya kosong atau tidak ada penghuni," katanya.

Selain itu, papar dia, mengimbau masyarakat agar rumah yang ditinggalkan saat mudik dalam keadaan aman. Artinya rumah dalam keadaan terkunci, listrik sudah tercabut, air dalam kondisi mat,i dan lainnya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024