Pemkab Sleman tingkatkan kualitas SDM pendukung program KKBPK

id Bupati Sleman ,Program KKBPK ,Penyuluh KB,Keluarga Berencana ,Kabupaten Sleman ,Sleman

Pemkab Sleman tingkatkan kualitas SDM pendukung program KKBPK

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo bersama Plh Kepala Dinas DP3AP2KB Kabupaten Sleman Aji Wulantara saat memberikan arahan pada peningkatan kapasitas program penyuluh KKBPK atau Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana) di Sleman, Rabu (17/5/2023). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman,Daerah Istimewa Yogyakarta terus meningkatkan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia (SDM) untuk keberhasilan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat menghadiri kegiatan peningkatan kapasitas program penyuluh KKBPK atau Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana) di Sleman, Rabu, mengatakan, diperlukan SDM yang memiliki kapasitas dalam melakukan pendampingan program KB.

"Karena KB merupakan kunci kesejahteraan keluarga serta keberhasilan program penurunan prevalensi stunting," katanya.

Menurut dia, dalam melakukan pendampingan dapat melalui media massa atau media sosial sebagai upaya mencapai keberhasilan penyebaran informasi mengenai peningkatan kepedulian dan pemahaman para remaja tentang isu-isu kependudukan, pendewasaan usia perkawinan, kesehatan reproduksi dan sebagainya.

Kegiatan tersebut diikuti Penyuluh Keluarga Berencana, Petugas Lapangan Keluarga Berencana dan Pengelola Administrasi Balai Penyuluhan KB sejumlah 121 orang.

Pelaksana harian Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Sleman Aji Wulantara mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan menjadi upaya memperkuat jajaran untuk melakukan tugas dan fungsi yang diamanahkan.

"Kegiatan ini menjadi upaya dalam memperkuat jajaran dan koordinasi dalam melakukan tugas fungsi yang diamanahkan," katanya.

Ia mengatakan, fungsi Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) yakni bertugas melaksanakan pekerjaan pembantuan di bidang penyuluhan, pelayanan, penggerakan, dan pengembangan program pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana.

"Ketugasan sebagai PLKB meliputi pencatatan dan pelaporan, KIE, pelayanan fasilitasi teknis KB dan kespro dan pelayanan, dan ketugasan yang diberikan oleh DP3AP2KB," katanya.

Sedangkan ketugasan Pengelola Administrasi meliputi Pengelolaan website, administrasi SPJ, Penginputan data informasi, surat menyurat dan kearsipan Balai Penyuluhan KB.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024