38 pemuda Asia-Amerika Latin atasi perubahan iklim

id Pemuda, Asia, Amerika Latin, Perubahan, Iklim

38 pemuda Asia-Amerika Latin atasi perubahan iklim

Para peserta FEALAC Youth Summit 2023 berfoto bersama di Bandung, Jawa Barat, Minggu (9/7/2023). (ANTARA/HO-Kemlu RI)

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 38 pemuda dari 19 negara yang tergabung dalam Forum Kerja Sama Asia Timur-Amerika Latin (FEALAC) terlibat dalam upaya mencari solusi bersama guna mengatasi isu perubahan iklim melalui FEALAC Youth Summit 2023 di Bandung, Jawa Barat, pada 9-13 Juli 2023.

Disambut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri Indonesia Duta Besar Umar Hadi, para pemuda tersebut antusias mengikuti program lima hari yang mencakup kunjungan ke berbagai proyek lingkungan hidup di Bandung, menurut siaran pers dari Kemlu RI, Senin.

"Dengan melihat langsung inisiatif yang dimiliki Jawa Barat, peserta akan mendapatkan alat dan amunisi untuk merumuskan dan menerapkan solusi iklim yang tepat guna di negara mereka masing-masing," kata Dubes Umar dalam pembukaan acara itu di Bandung pada Minggu.

Umar mengapresiasi program tersebut karena memberikan pengalaman untuk melihat langsung pengelolaan mitigasi perubahan iklim kepada para delegasi.

Ia juga menyambut baik inisiatif dari Pemprov Jawa Barat untuk kembali menjadi tuan rumah gerakan pemuda FEALAC, seperti yang dulu pernah dilakukan pada 2015.

Menurut dia inisiatif tersebut dapat memunculkan gagasan perubahan untuk mengatasi dampak negatif perubahan iklim.

"Semua sudah tahu bahwa dampak perubahan iklim dirasakan oleh kita semua dan yang diperlukan sekarang adalah aksi nyata untuk memitigasi dan beradaptasi dengan perubahan iklim," katanya.

Sementara itu, Gubernur Ridwan Kamil menekankan bahwa implementasi aksi iklim sangat penting dan membutuhkan keterlibatan aktif semua pihak.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemuda Asia dan Amerika Latin ikut aksi atasi perubahan iklim