UMKM diedukasi PT kembangkan produk makanan

id program kemitraan masyarakat,UMKM Gorontalo,UNG Unisan Gorontalo

UMKM diedukasi PT kembangkan produk makanan

Pihak UNG dan Unisan Gorontalo melatih 20 pelaku UMKM di Desa Yosonegoro Kabupaten Gorontalo untuk mengembangkan produk usaha makanan dodol dan nasi bulu melalui program kemitraan masyarakat, Sabtu (5/8/2023). ANTARA/HO-Diskominfotik Provinsi Gorontalo

Gorontalo (ANTARA) - Perguruan Tinggi di Provinsi Gorontalo yaitu Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dan Universitas Ichsan bekerja sama melalui program kemitraan masyarakat (PKM) untuk melatih para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengembangkan produk makanan.

"Kami mendorong Desa Yosonegoro menjadi sentra produksi dodol dan nasi bulu. Program ini dijalankan oleh Universitas Negeri Gorontalo bekerja sama dengan Universitas Ichsan (Unisan) untuk mendampingi dan memberi pelatihan kepada sekitar 20 ibu-ibu pelaku UMKM," kata Wakil Dekan III Fakultas Sastra dan Bahasa UNG Jafar Lantowa, S.Pd, M.A di Gorontalo, Sabtu.

PKM sudah memasuki kegiatan lokakarya hasil yang digelar di salah satu rumah warga di Desa Yosonegoro, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo.

Lokakarya hasil merupakan bagian dari uji publik produk yang dihasilkan usai diberi sosialisasi dan pendampingan selama sebulan.

Beberapa potong nasi bulu dan sate ayam ditabur sambal kacang kini lebih modern dengan kemasan plastik.

Begitu juga dengan produk dodol yang dilengkapi dengan nama usaha, nomor telepon, media sosial dan web yang bisa dihubungi.

Ia menjelaskan, PKM merupakan program pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek.

Perguruan tinggi dalam hal ini UNG dan Unisan diminta melakukan pendampingan terhadap masyarakat dengan mengembangkan potensi setempat.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Perguruan Tinggi Gorontalo latih UMKM kembangkan produk makanan