Polres Kulon Progo menanam pohon buah di Pule Payung dongkrak wisatawan

id Pule Payung,Polres Kulon Progo,Kulon Progo

Polres Kulon Progo menanam pohon buah di Pule Payung dongkrak wisatawan

Kapolres Kulon Progo AKBP Nunuk Setyowati menyerahkan tanaman buah sirsak ke Pengelola Hutan Pule Payung di Hargotirto. (ANTARA/HO-Humas Polres Kulon Progo)

Kulon Progo (ANTARA) - Kepolisian Resor Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan penanaman 2.400 pohon sirsak dan pucuk merah di objek wisata Pule Payung Hargotirto untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke wilayah tersebut.

Kapolres Kulon Progo AKBP Nunuk Setiyowati di Kulon Progo, Rabu, mengatakan untuk merawat pohon tersebut Polres Kulon Progo bekerja sama dengan Kelompok Tani Hutan Pule Payung dan pengelola objek wisata Pule Payung Hargotirto.

"Kami berharap tanaman ini dapat memperindah objek wisata Pule Payung, dan pada akhirnya mendongkrak kunjungan wisatawan," kata Nunuk Setiyowati.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Kelompok Tani hutan Pule Payung di Pedukuhan Soropati Hargotirto, karang taruna, dan relawan yang bersedia bekerja sama dengan Polres Kulon Progo dalam pelaksanaan aksi nyata menanam pohon untuk membantu menjaga dan memperbaiki lingkungan hidup.

Hutan Pule Payung akan menjadi objek wisata dengan tanaman buah-buahan. “Semoga langkah kecil ini dapat bermanfaat untuk kelangsungan wisata hutan Pule Payung," katanya.

Untuk penanaman serta pemeliharaan, kata Nunuk, Polres Kulon Progo menyerahkan sepenuhnya kepada kelompok tani hutan termasuk pelaporan kehidupan bibit pohon tersebut. "Namun demikian, kami minta setiap bulan dilaporkan ke Polres Kulon Progo," katanya.

Dia mengatakan Pule Payung merupakan objek wisata yang bagus. Dari Pule Payung, wisatawan bisa melihat pemandangan wilayah Kulon Progo dari atas Waduk Sermo.

"Kunjungan wisatawan ke Pule Payung cukup bagus, sehingga perlu dukungan penambahan penghijauan," katanya.

Nunuk mengatakan pada Rabu, 23 Agustus 2023, Polri secara serentak di seluruh Indonesia melaksanakan penanaman pohon dalam rangka berpartisipasi memperbaiki lingkungan hidup dan memberikan manfaat yg besar bagi kehidupan.

Pada hari ini Kapolri melaksanakan bakti sosial penanaman pohon di Pulau Rinca, wilayah Polda NTT yang akan dilaksanakan juga secara zoom.

Sementara itu, Wakapolres Kulon Progo Kompol Riko Sanjaya mengatakan jajarannya melaksanakan penanaman pohon di kantor Polres Kulon Progo dan di 12 polsek.

Ia berharap kegiatan ini dapat membangun kesadaran dari masyarakat dan khususnya personel Polres Kulon Progo untuk menanam pohon dan merawatnya, sehingga sirkulasi udara di sekitar kantor polres akan menjadi lebih bersih dan segar.

"Kami berharap penghijauan ini juga memberi efek positif bagi personel yang berdinas di Polres Kulon Progo dan polsek jajaran," katanya.