Festival Kuliner "Es dan Soto" kenalkan budaya Indonesia di Jepang

id Festival es+soto,Rumah Budaya Indonesia,kuliner nusantara,Jepang

Festival Kuliner "Es dan Soto" kenalkan budaya Indonesia di Jepang

Warga Jepang mengantre untuk mencicipi Soto Semarang pada Festival Es+Soto di Balai Indonesia, Sabtu (26/8). Credit: ANTARA/ Juwita Trisna Rahayu (ANTARA/ Juwita Trisna Rahayu)

Tokyo (ANTARA) - Rumah Budaya Indonesia (RBI) di Jepang memperkenalkan kuliner nusantara kepada warga Negeri Sakura melalui 'festival es dan soto' di Balai Indonesia, Tokyo, Sabtu.

Imelda, pengelola RBI, mengatakan festival itu adalah bagian dari perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-78.

“Kebetulan waktunya pas sambil merayakan kemerdekaan Indonesia. Sebetulnya ada banyak sekali kuliner di samping es dan soto. Tetapi, karena keterbatasan waktu, kami memilih soto,” kata Imelda.

Soto yang disajikan, yakni soto Semarang, belum banyak diketahui warga Jepang, sedangkan pilihan es jatuh kepada es cendol karena diyakini rasanya menarik orang Jepang.

“Soto merupakan salah satu kuliner yang paling mudah bahan-bahannya dan mudah diterima orang Jepang dan es cendol juga pas di musim panas ini. Mereka senang rasanya yang dingin dan menyegarkan,” kata dia.

Imelda juga mempresentasikan beragam es dan soto dari berbagai daerah.
Imelda berharap dengan memperkenalkan kuliner nusantara, warga Jepang semakin mengenal Indonesia hingga pelosok beserta tradisi dan budayanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: RBI perkenalkan kuliner nusantara kepada warga Jepang

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024