Museum Kenangan Semeru dijadikan destinasi wisata

id museum semeru,museum kenangan semeru,lp2m Unej,unej,universitas jember

Museum Kenangan Semeru dijadikan destinasi wisata

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Unej Prof. Yuli Witono (kanan) bersama sejumlah dosen melihat foto dampak bencana erupsi dan awan panas guguran Gunung Semeru di Museum Kenangan Semeru, Kabupaten Lumajang, Rabu (30/8/2023). (ANTARA/Zumrotun Solichah)

Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Universitas Jember dukung Museum Kenangan Semeru yang digagas mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) dan perangkat Desa Sumberwuluh menjadi destinasi wisata edukasi dan sejarah di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Unej Prof. Yuli Witono beserta sejumlah dosen dan mahasiswa KKN mengunjungi Museum Kenangan Semeru di Dusun Sumber Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Rabu.

"Kami mengapresiasi inisiatif mahasiswa KKN dalam program Unej Membangun Desa dengan melakukan inovasi yang dapat berdampak pengembangan sektor pariwisata dan sarana edukasi," ujar Yuli.

Ia mengatakan pihaknya akan mendukung Museum Kenangan Semeru menjadi objek wisata, namun untuk kelengkapan infrastruktur penunjang wisata museum tersebut diserahkan sepenuhnya kepada pihak pemerintah desa dan pemerintah daerah setempat.

Sementara Sekretaris Desa Sumberwuluh Samsul Arifin mengatakan pihaknya akan terus berupaya mengembangkan dan memelihara Museum Kenangan Semeru menjadi destinasi wisata edukasi dan mitigasi bencana.

"Beberapa barang yang menjadi saksi dahsyatnya erupsi disertai awan panas guguran Gunung Semeru ada di dalam museum, namun kami terus mengumpulkan dan menginventarisasi barang-barang yang layak ditaruh di dalam museum," katanya

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024